5 Hal Inspiratif yang Terlihat Saat Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72 di Istana Negara
Loading...

Tepat tanggal 17 Agustus 2017 kemarin, seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke- 72. Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih menjadi agenda wajib setiap tahunnya di Istana negara. Presiden RI akan memberikan bendera Indonesia kepada Paskibraka lalu dikibarkan dengan iringan lagu Indonesia Raya. Warna bendera Indonesia yang berwarna merah putih sendiri memiliki filosofi mendalam, yaitu merah yang artinya keberanian dan putih berarti kesucian.

 

Saat perayaan Hari Kemerdekaan ke 72 kemarin, ada 5 hal inspiratif yang terlihat dari dalam Istana Negara, Pulsker. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, hal-hal berikut akan membuat kita #BanggaJadiIndonesia. Kira-kira apa saja ya? Berikut ulasannya!

 

 

1. Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) di Istana Negara

 

 

Saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, lomba adalah agenda wajib yang dilakukan, tidak terkecuali di Istana Negara. Tapi ada yang berbeda tahun ini. Untuk memperingati hari kemerdekaan, Istana Negara menggelar lomba masak ikan nusantara (LMIN) dua hari sebelum perayaan hari kemeredekaan. 

 

Pemerintah mengadakan lomba ini untuk mendukung gerakan hidup sehat (Germas) dan gerakan masyarakat makan ikan (gemarikan). Nggak tanggung-tanggung, pemenang dari lomba ini akan menjadi koki khusus untuk Presiden RI dan tamu negara pada perayaan Hari Kemerdekaan di Istana Negara kemarin. Kamu sendiri, sudah makan ikan hari ini?

 

 

2.  Fenomena baju adat di Istana Negara

 

 

Ada yang berbeda dari pakaian yang dikenakan tamu negara saat menghadiri upacara bendera di Istana Merdeka. Jika tahun-tahun sebelumnya para tamu mengenakan pakaian formal, tahun ini para tamu undangan mulai dari petinggi negara, menteri, hingga presiden dan wakil presiden terlihat mengenakan baju adat dari Sabang sampai Merauke pada saat upacara di Istana. 

 

Fenomena ini sangat menarik untuk diperhatikan, Pulsker. Karena secara langsung pemerintah mengajak masyarakat Indonesia untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan penuh suka cita dan keberagaman seperti semboyan negara kita yaitu Bhineka Tunggal Ika. Ada juga pemilihan baju adat favorit oleh presiden. Dan seperti biasa, pemenangnya mendapatkan sepeda dari Presiden Jokowi.

 

 

3. Presiden Jokowi memakai pakaian adat Tanah Bambu

 

 

Peringatan kemerdekaan tahun ini memang sangat berbeda, yaitu lebih memperlihatkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. Di beberapa kesempatan, presiden Jokowi kerap mengenakan pakaian adat seperti sidang dalam MPR RI dan perayaan kemerdekaan kemarin di Istana. 

 

Pasti banyak yang bertanya-tanya, baju apakah yang dikenakan Presiden RI saat upacara bendera kemarin? Presiden Jokowi tampil gagah dengan pakaian adat khas Kabupaten Tanah Bambu. Kabupaten ini terletak di Provinsi Kalimantan Selatan yang beribukota Batulicin. Terlihat sang presiden mengenakan Sarung Tenun khas Pagatan yang melingkar dipinggang serta sebuah laung berwarna merah maroon nampak serasi dengan jas yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia ini. Sedangkan ibu Iriana Jokowi tampil anggun dengan pakaian adat Minang berwarna merah.

 

 

4. Es Krim Merah Putih di Istana Negara

 

Bukan cuma bendera Indonesia saja yang berwarna merah putih, Pulsker, tetapi juga es krim lezat Walls #SandwichMerahPutih. Walls Sandwich Merah Putih menjadi salah satu sajian istimewa yang dinikmati oleh berbagai kalangan pejabat pemerintah, tamu kenegaraan dan Presiden RI saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Walls Sandwich Merah Putih ada di Istana Negara dan turut memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-72.

 

Ini adalah momen yang #coolbanget bisa mencicipi es krim lezat rasa vanilla dan strawberry di Istana Negara. Ini juga salah satu hal yang membuat kita #BanggaJadiIndonesia saat perayaan hari kemerdekaan #RI72. Sekarang giliran kamu mencobanya, dan rasakan sensasi jadi #coolbanget saat mencicipi Walls #SandwichMerahPutih.

 

 

5. Istana Negara juga mengundang beberapa influencer dan artis berbakat Indonesia

 

 

Dengan adanya media sosial, banyak influencer bermunculan. Influencer sendiri berarti orang yang memiliki ide kreatif dan inovatif. Mereka biasa menjadi trend setter yang gaya atau pemikirannya sering diikuti banyak orang. Di beberapa kesempatan Presiden Jokowi juga pernah mengundang influencer Indonesia untuk mengikuti kegiatan bersama presiden seperti buka bersama dan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia.

 

Saat perayaan hari kemerdekaan kemarin, Istana Negara juga mengundang beberapa influencer dan artis berbakat indonesia seperti Agung Hapsah, Bayu Skak, Chealsea Islan, Indro Warkop dan Vino G Bastian. Ini artinya, Presiden RI dan pemerintah juga sangat memperhatikan perkembangan generasi muda Indonesia. Setuju kan?

 

Demikian 5 hal yang sangat inspiratif dan bikin #BanggaJadiIndonesia saat perayaan Hari Kemerdekaan #RI72 kemarin di Istana Negara. Sekarang saatnya kamu merasakan lezatnya Walls #SandwichMerahPutih dan jadi masyarakat Indonesia yang #coolbanget. Semoga bermanfaat dan Dirgahayu Indonesia ke 72!