Ini Dia Macam-Macam Kertas Gambar
Loading...

Ketika ingin menggambar maka biasanya orang akan memilih berbagai macam kertas untuk menggambar. Ada banyak sekali jenis kertas untuk menggambaryang disediakan di pasaran. Harga dari kertas gambar juga terbilang murah sehingga bisa digunakan oleh semua orang. Kertas menggambar memang beda - beda, anda bisa memilih salah satu jenis kertas gambar yang sesuai dengan kebutuhan anda. Karena ada kertas gambar yang murah dan ada juga yang mahal sehingga bisa anda menentukan kertas yang sesuai kebutuhan.

 

Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai berbagai jenis kertas gambar yang bisa ditemukan di pasaran untuk menghasilkan gambar yang indah. Kertas menggambar yang pertama adalah kertas concord atau yang lebih dikenal dengan kertas concorde. Kertas gambar yang satu ini mempunyai tekstur yang bergelombang. Kertas yang satu ini sangat cocok digunakan menggambar dengan pensil. Pensil yang digoreskan di kertas ini maka akan menimbulkan kesan yang berlubang - lubang dan sangat unik. Biasanya kertas ini digunakan untuk membuat sertifikat maupun membuat sebuah undangan. Walaupun berlubang namun jika digunakan untuk membuat gambar mampu menimbulkan efek yang artistik.

 

Jenis kertas lainnya yang bisa digunakan adalah kertas linen. Kertas yang satu ini mempunyak tekstur garis - gatis pendek vertikal maupun horisontal. Biasanya kertas ini digunakan untuk menggambar lukisan wajah yang mana digambar menggunakan pensil. Untuk menggurangi tekstur yang berlebihan maka bisa anda bisa menggunakan bagian belakang kertas tersebut. Kertas linen ini bisa ditemukan dengan sangat mudah karena semakin banyak seniman yang menggambar wajah. Anda bisa menggunakan berbagai jenis pensil yang berwarna untuk membuat tampilan warna yang menarik di kertas linen. 

Selanjutnya ada juga kertas manila. Kertas manila ini mempunyai berbagai nama lain seperti kertas BC dan BW. Ciri - ciri dari kertas manila ini adalah mempunyak tekstur yang sangat lembut berbeda dengan jenis kertas gambar lainnya.

 

Kertas gambar yang satu ini hanya cocok digunakan untuk pensil hitam putih saja tidak cocok digunakan untuk pensil warna karena akan mengurangi hasil gambaran yang indah. Hal tersebut dikarenakan permukaannya yang licin sehingga sangat susah untuk menyerap pigmen pensil warna. Kertas gambar yang biasanya digunakan oleh para pemula untuk berlatih menggamabr adalah menggunakan kertas pandalarang. Kertas yang satu ini biasanya memang digunakan oleh para pemula. Kertas ini juga dijual dengan harga yang murah dengan kualitas yang baik. Namun kertas ini mempunyai kelemahan seperti ketika dihapus terlalu kuat maka bisa membuat kertas menjadi mengelupas. Tentu saja hal ini bisa membuat kertas gambar terlihat jelek.

 

Namun walaupun begitu sangat cocok digunakan para pemula yang ingin berlatih menggambar. Kertas gambar lainnya yang bisa anda gunakan adalah kertas samson. Warna kertas ini seperti coklat kardus yang mana biasanya menggunakan pensil warna untuk menggambar. Walaupun nampak seperti kertas daur ulang namun kertas ini cocok untuk menggambar.

 

Beberapa jenis kertas menggambar di atas adalah jenis kertas yang banyak digunakan. Selain kertas yang sudah disebutkan di atas tentu masih ada banyak jenis kertas lainnya yang bisa digunakan untuk menggambar. Pilih salah satu jenis kertas yang anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan. Sehingga anda bisa menghasilkan gambar karya seni yang lebih menarik karena setiap kertas gambar mempunyai tekstur yang berbeda - beda.