Contoh Loyalty Program Di Indonesia
Loading...

Sebagai seorang pebisnis, tentunya Anda menginginkan pasar Anda selalu ramai bukan? Tentunya hal ini tidak lepas dari peran anda dalam mempertahankan pelanggan anda. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan program loyalitas kepada para pelanggan setia Anda, agar mereka tidak berpaling dari produk Anda. loyalty program ini diadakan untuk mengapresiasi para pelanggan yang sudah sering membeli atau menggunakan produk dan jasa yang Anda jual. Jika Anda masih merasa bingung dengan program loyaly ini, berikut akan kami paparkan beberapa contoh loyalty program Indonesia yang nama perusahaannya sudah tidak asing lagi. 

 

Namun sebelumnya, kami akan berbagi beberapa contoh loyalty program yang dapat Anda terapkan ke bisnis anda. Contoh loyalty program yang bisa Anda terapkan adalah program Cashback. Anda, sebagai penjual bisa menyarankan kepada pelanggan untuk membelanjakan nominal tertentu, yang kemudian pelanggan akan mendapatkan nominal tertentu kembali. 

 

Contoh umum lain loyalty program adalah hadiah ulang tahun. Ada beberapa perusahaan besar yang menggunakan taktik ini untuk mendapatkan pelanggan setianya. Biasanya berupa berbagai hadiah yang diambil dari produk toko tersebut, atau dengan potongan diskon saat hari ulang tahun mereka. Selain itu, anda juga bisa menerapkan point system, yakni seorang pelanggan akan diberi point reward pada setiap transaksi, dan apabila sudah mencapai jumlah tertentu, bisa ditukar untuk mendapatkan hadiah menarik.

 

Dari contoh-contoh di atas, tentunya anda sudah sedikit banyak mendapat gambaran mengenai loyalty program. Berikut adalah contoh loyalty program di Indonesia.

 

Loyalty Telkomsel Poin
Acara ini merupakan acara gagasan telkomsel yang diadakan setiap tahunnya. Undian ini bahkan dapat diikuti oleh seluruh pengguna Telkomsel, baik pelanggan prabayar maupun pascabayar. Kupon undiannya bisa didapatkan  melalui penukaran Telkomsel poin yang didapat dari pengisian pulsa, pembelian paket-paket tertentu, dan transaksi T-CASH. Sistem ini diberlakukan agar seluruh pelanggan Telkomsel memiliki kesempatan menang, 

 

Loyalty Program Oriflame
Program ini berlaku bagi seluruh member Oriflame, baik yang aktif berbelanja maupun tidak, dan berlaku juga bahkan bagi member baru. Loyalty Program yang dimiliki oleh Oriflame ini menggunakan sistem BP. Setiap anggota yang mampu mengumpulkan BP dalam jumlah tertentu, maka akan mendapatkan loyalty program sesuai dengan jumlah BPnya. Loyalty Program ini terbagi menjadi 3 jenis, yakni Loyaty 1, Loyalty 2, dan Loyalty 3. 

Keuntungan yang didapatkan berupa barang-barang dari Oriflame seperti Tas, Lipstick, Pouch, dan bahkan alat-alat masak seperti pisau atau juga alat pencincang daging.

 

Pengguna Prioritas Buka Lapak
Program ini merupakan program yang dikeluarkan oleh salah satu  e-commerce asal Indonesia, Buka lapak di tahun 2019 ini. Untuk mendapatkan akses pengguna prioritas di Buka Lapak, bagi pemilik akun Buka Lapak cukup membayar  Rp. 50.000 saja. Trik ini dilakukan oleh Buka Lapak untuk meningkatkan pelayanannya, khususnya terhadap loyal customer. Hal ini dikarenakan pada masa ini, ada banyak sekali e-commerce yang focus dengan one-time-purchase consumer dengan memberikan diskon dan promo gila-gilaan bagi semua pelanggan tanpa terkecuali. 

 

Itu tadi merupakan contoh-contoh loyalty program yang disediakan oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia. Dengan adanya loyalty program, tentunya akan membuat perusahaan anda lebih unggul dibandingkan dengan perusahaan yang lain. Hal ini juga bisa memicu pelanggan anda untuk mereferensikan perusahaan/ bisnis anda kepada orang lain. Tentunya ini bisa meningkatkan transaksi dan omset di perusahaan anda.

 

Jika apa yang saya sampaikan masih kurang jelas, anda bisa meng hire Branding Consultant Jakartaagar mendapatkan solusi tepat untuk permasalan di perusahaan anda.