Sakit Mata Menular Lewat Pandangan, Mitos atau Fakta?
Loading...

Zeropromosi - Mata merah, yang juga dikenal sebagai konjungtivitis adalah inflamasi atau infeksi pada membrane transparan yang melapisi bola mata. Inflamasi tersebut menyebabkan pembuluh darah kecil di membrane menjadi lebih menonjol sehingga menyebabkan bagian putih mata menunjukan warna merah muda atau merah.
Kondisi ini biasanya terjadi akibat virus atau bakteri. Kadang, kondisi ini dapat terjadi akibat reaksi alergi. Baik bentuk bacterial maupun virus, kondisi ini sangat menular. Orang dewasa dan anak-anak dapat mengalami salah satu jenis mata merah, tetapi bentuk bacterial lebih sering terjadi pada anak-anak dibandingkan orang dewasa.
Sakit mata disebabkan oleh Virus atau bakteri?
Anda dapat menentukan jenis mata merah yang anda alami berdasarkan secret yang terbentuk.
• Jenis virus.
Sekret biasanya berair dan jernih
• Jenis bakteri.
Sekret biasanya berupa bahan kental dan berwarna hijau-kuning.
Pengobatan sakit mata di rumah
Lakukan langkah-langkah pengobatan berikut ini.
1. Gunakan kompres hangat.
Rendam kain yang bersih dan bebas-tiras dalam air hangat. Peras sampai kering, lalu letakan dengan hati-hati di atas kelopak mata yang tertutup. Lakukan ini beberapa kali setiap hari. Pada kasus konjungtivitis alergi, gunakan kompres dingin.
2. Kendalikan penyebarannya.
Untuk mencengah mata merah menyebar ke mata sebelahnya atau ke orang lain, jauhkan tangan Anda dari mata dan cuci tangan dengan sering. Selain itu, ganti waslap dan handuk anda setiap hari. Buang kosmetik mata, terutama mascara
3. Jangan pakai lensa kontak.
Jika anda memakai lensa kontak sekali pakai, buang pasangan lensa kontak anda tersebut. Jika anda memakai lensa kontak yang tidak sekali pakai, disinfeksikan secara cermat. Tunggu sampai mata anda tidak lagi berwarna merah dan tidak memiliki secret apa pun sebelum memakai lensa kontak kembali.
Catatan : Jika anda mengalami konjungtivitis bacterial, nyeri mata, penglihatan anda terpengaruh, atau gejala anda memburuk, segera kunjungi dokter.
Kesimpulannya jadi sakit mata tidak menular melalui tatapan melainkan melalui sentuhan tangan / benda bekas dipakai oleh sipenderita dan kita gunakan.
Sumber : Buku kitab sehat mayo clinic

Baca Selengkapnya