Beda Asuransi Syariah Dengan Konvensional
Loading...

Tak dipungkiri Asuransi sangat dibutuhkan untuk menghadapi hal tak diinginkan. Walaupun hal tersebut terjadi, asuransi memungkinkan anda mendapat keringan biaya maupun mendapat biaya sebagai tanda kerugian yang dialami.

 

Asuransi Yang Sering Digunakan Masyarakat

Seiring perkembangan zaman, banyak asuransi bermunculan dengan visi dan misi yang berbeda. Namun diantara asuransi yang beredar, terdapat asuransi syariah dan konvensional yang digemari masyarakat. Keduanya memiliki prinsip yang membuat klien senang karena mendapatkan hak dan kewajibannya, tak heran banyak asuransi konvensional dan asuransi jiwa syariah terbaik.

 

Sistem yang dijalankan juga tidak memberatkan karena dilakukan pembaharuan kebijakan. Tujuannya agar masyarakat memahami pentingnya memiliki asuransi jiwa sehingga kehidupan lebih tertata. Perlu diketahui, terdapat perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional yang mencolok. Namun ke duanya memperoleh konsumen yang sama banyaknya.

 

Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvesional

Mengingat pentingnya memiliki asuransi jiwa, usahakan mengetahui perbedaan asuransi syariah dan konvesional. Dengan begitu anda tak merasa tertipu saat memilih, jangan sampai ada keluhan dan menyesal memilih asuransi. Selain mendatangkan masalah pribadi, memicu kesalahpahaman banyak orang dan membuat nama baik asuransi tercemar. 

 

Jika anda ragu memilih asuransi, lebih baik bertanya pada pihak asuransi. Bahkan mencari referensi pun disarankan jika kantor asuransi jauh dari tempat tinggal, untuk itu dibawah ini ada 4 perbedaan asuransi syariah dan konvesional. Pilihlah asuransi yang sejalan dengan prinsip hidup anda:

 

· Perbedaan Kontrak

Sejatinya, kontrak asuransi syariah mengacu pada akad hibah yang halal dalam agama islam. Dengan begitu tak ada istilah merasa tertipu karena harus membayar biaya maupun hal tak sesuai dengan kontrak.

 

Sementara asuransi konvensional, kontrak dilakukan secara umum. Yaitu nasabah menyepakati kontrak baik itu premi, rentang waktu pembayaran dan hal lainnya yang berkalitan dengan asuransi. Jika nasabah belum memahami kontrak tersebut, pihak asuransi akan menjelaskannya sehingga kedua belah pihak tak dirugikan.

 

· Investasinya Mengacu Perbedaan Yang Jelas

Asuransi syariah memiliki konsep investasi berbentuk Tabbaru yang sesuai syariat islam, anda tak akan mengalami kerugian maupun memperoleh riba mengikuti asuransi syariah. Sebaliknya, asurasi konvensional membebaskan nasabah memilih konsep investasi tanpa mengacu adanya riba atu tidak. Halal atau tidaknya instrumen investasi yang diambil ada di pihak nasabah.

 

· Klaim Yang Diatur Ketat

Sejatinya, konsep Tabbaru meringankan nasabah dibanding pembayaran premi. Untuk itulah asurasni syariah memiliki aturan klaim yang memudahkan nasabah, yaitu seluruh anggota keluarga inti nasabah menggunakan satu polis. Dengan begitu seluruh anggota keluarga memiliki perlindungan rawat inap di rumah sakit tatkala sakit.

 

Sebaliknya, asuransi konvensional hanya memperbolehkan satu orang memegang satu polis. Jika anggota keluarga ingin mendapatkan layanan asuransi, harus menjadi nasabah dan menyetujui kontrak menjadi nasabh. Termasuk mematuhi aturan menjadi nasabah asuransi konvensional.

 

· Terdapat Nilai Agama

Agama islam memiliki rukun islam berupa zakat, bahkan zakat diwajibkan umat islam walaupun sedikit. Yang terpenting ikhlas berzat sehingga penerima zakat mendapatkan manfaat, dan anda mendapatkan pahala dari Allah. Untuk itulah asuransi syariah mewajibkan nasabahnya membayar zakat sebagai ibadah, sementara jumlahnya ditentukan tergantung keuntungan perusahaan.

 

Namun asuransi konvensional tidak menggunakan zakat untuk nasabahnya. Semua keuntungan menjadi hak perusahaan ataupun nasabah sesuai dengan perjanjian yang ada.

 

Perlu diketahui, walaupun terdapat perbedaan ke dua aturan asuransi. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan perlindungan bagi nasabah dengan segala manfaatnya. Anda sah-sah saja menggunakan asuransi syariah maupun nasabah, namun pilihlah asuransi jiwa syariah terbaikyang terbukti legalitasnya.