Jenis Barang Apa Saja Yang Tidak Bisa Di Kirim Kurir?
Loading...

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jasa kirim barang bukan? jika Anda pernah belanja online pasti Anda juga pernah menggunakan jasa ini. Namun tahukah Anda jika beberapa jenis barang ternyata tidak bisa dikirim melalui jasa kurir, larangan ini diberlakukan dengan berbagai alasan misalnya keamanan atau bahkan ternyata menyalahi Undang-Undang lo. Lantas apa saja sih jenis barang yang dilarang dikirim oleh jasa kirim barang? Berikut adalah ulasannya.


1.    Barang Mudah Terbakar
Barang yang mudah terbakar ternyata sangat dilarang dan tidak dibolehkan untuk dikirim melalui jasa kirim barang lo. Barang ini dianggap dapat membahayakan karena sifatnya yang mudah terbakar bahkan meledak. Bagi Anda yang ingin mengirimkan barang yang mudah terbakar sebaiknya Anda urungkan niat tersebut. berbagai barang mudah terbakar yang dilarang untuk dikirim seperti korek api bahkan tabung gas. 


2.    Senjata
Barang lain yang juga dilarang untuk dikirim melalui jasa kirim baran adalah senjata. Senjata sendiri sangat dilarang karena berbahaya, apalagi  legalitas senjata itu tidak diketahui. Seperti yang Anda tahu senjata ilegal tentu dilarang peredarannya oleh karena itu jasa kirim tidak membolehkan seseorang untuk mengirim senjata tajam. Namun untuk beberapa alasan senjata api bisa dikirimkan lo selama Anda menunjukan surat dari kepolisian. Jika legalitasnya telah diakui oleh kepolisian maka senjata api bisa dikirim melalui jasa kirim barang.


3.    Uang Tunai
Banyak jasa kirim barang yang menerapkan aturan untuk tidak memperbolehkan seseorang melakukan pengiriman uang tunai. Uang tunai dianggap mudah hilang jadi lebih baik Anda transfer saja. Meskipun ada jasa ekspedisi satu hari sampai namun lebih aman dan lebih cepat jika Anda mengirimkannya via transfer. Belum lagi Anda akan mengalami kerugian jika uang yang Anda kirim hilang. 


4.    Tanaman Hidup
Hal lain yang juga dilarang untuk dikirim melalui jasa kirim barang adalah tamanan hidup. Selain bisa mati saat proses pengiriman, tanaman juga dinilai bisa membawa penyakit dan sangat tidak ideal untuk dikirim melalui jasa kirim barang. Ada baiknya Anda mengirim barang mati seperti tumbuhan atau tanaman palsu yang lebih aman saat di proses pengiriman. 


5.    Hewan
Siapa diantara kalian yang selama ini berpikir bahwa hewan bisa dikirim melalui jasa kirim barang? Ternyata hewan sangat dilarang untuk dikirim lewat jasa yang satu ini lo. Sama seperti tumbuhan, hewan juga dianggap dapat membawa penyakit sehingga tidak ideal untuk dikirim. Belum lagi hewan juga bisa dehidrasi, kelaparan dan mengalami kondisi membahayakan lain selama proses pengiriman. Anda tentu tidak ingin bukan hewan kesayangan Anda sakit saat sampai di rumah? Ada baiknya Anda membawa hewan kesayangan Anda sendiri sehingga makan dan minumnya lebih diperhatikan dan dijaga. 

 

6.    Berbagai Obat-Obatan Terlarang
Jika Anda mengira mengirim berbagai obat-obatan terlarang lewat jasa kirim adalah sesuatu yang mudah bahkan diperbolehkan, maka Anda keliru. Obat-obatan terlarang seperti narkoba tidak bisa dikirim melalui jasa kirim. Hal ini tentu karena berkaitan erat dengan peraturan Undang-undang yang tidak memperbolehkan peredaran obat-obatan terlarang tersebut.


7.    Minuman Keras
Banyak orang melakukan pengiriman barang karena adanya ekspedisi satu hari sampai. Meskipun cepat bukan berarti semua barang bisa dikirim ya. Jasa kirim barang juga melarang untuk mengirimkan minuman keras seperti vodka lo. Jadi jangan berani-berani mengirim vodka dan minuman keras lain karena jelas akan ditolak pihak ekspedisi.