Perbedaan Flat, Apartement, dan Kondominium
Loading...

Bagi mata yang tidak terlatih melihat perbedaan bangunan mungkin tampak seperti tidak ada perbedaan antara apartemen, kondominium, dan flat. Meskipun tampak hampir sama, ada sedikit perbedaan antara yang satu dan yang lain baik dalam segi arsitek, broker real estat, kontraktor dan pengembang lahan yang terdapat di dalamnya. Penulis dalam artikel ini akan membahas secara rinci tentang perbedaan flat, apartement, dan kondominium sehingga pembaca dapat menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan gaya hidupnya.

 

Pertama penulis akan membahas apartement dan kondominium terlebih dahulu karena dua hal ini memiliki persamaan yang luar biasa. Tidak ada perbedaan fisik antara apartemen dan kondominium. Mereka berdua bisa saling mirip. Dalam beberapa kasus, apartemen telah diubah menjadi kondominium dan sebaliknya (ini disebut konversi kondominium). Satu-satunya perbedaan utama antara keduanya adalah kepemilikan. Kondominium atau condotel biasanya dimiliki oleh satu orang sementara sebuah apartemen biasanya dimiliki oleh pengembang atau pengusahanya. Orang yang memiliki kondominium adalah orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan daerah tersebut. Kondominium bisa juga dimiliki oleh sekelompok orang, tetapi apartemen sebagian besar dimiliki oleh pengembang usaha.

 

Perbedaan lain antara keduanya adalah bahwa dengan kondominium anda dapat memiliki kepemilikan penuh atas tempat tinggal jika anda membelinya. Ini berarti anda dapat melakukan perubahan apa pun yang ingin anda miliki. Anda dapat mengubah desain interior dan eksterior. Hal tersebut tidak mungkin bisa anda lakukan di apartemen.

 

Memiliki sebuah kondominium berarti bahwa anda memiliki bagian dari properti atau persentase dari itu, di mana ada beberapa sumber daya yang anda harus berbagi dengan pemilik kondominium lain. Misalnya hal-hal seperti parkir, lapangan tenis, dan kolam renang dimiliki bersama dengan pemilik kondominium lain dan anda semua bertanggung jawab untuk merawatnya.

 

Apartemen biasanya merupakan bagian kecil dari bangunan bertingkat. Apartemen dapat disewa atau dimiliki oleh penyewa yang tinggal di sana. Meski apartemen bisa dibeli, pemiliknya tetap harus menghormati aturan pengembang. Ada banyak anak apartemen dari apartemen studio hingga apartemen taman. Seperti halnya Southgate Altuera  yang menawarkan fasilitas super lengkap kepada penghuni apartemen.

 

Menyewa apartemen adalah pilihan yang lebih baik untuk seseorang yang terus bergerak, sedangkan kondominium lebih cocok untuk seseorang yang mencari sesuatu yang lebih permanen. Tata kota adalah peraturan yang kadang-kadang membantu mendefinisikan dengan tepat apa kondominium itu dan membedakannya dengan apa itu apartemen. Kondominium dapat berupa kepemilikan unit-unit individual dalam multi-struktur dengan kepemilikan bersama atas properti yang biasa digunakan. Pemilik kondominium di unit multi-struktur memiliki saham di total bangunan dan ruang yang ditunjuknya.

 

Di apartemen, sewa dibayarkan kepada pengembang sementara di kondominium sewa dibayarkan kepada seorang individu. Dengan pengembang, mudah untuk memiliki apa pun yang memiliki masalah diperbaiki, dengan kondominium itu lebih rumit terutama jika pemiliknya tidak tersedia. Apartemen juga dapat menyediakan fasilitas yang lebih menakjubkan bergantung pada kemewahan kelas apartement. Seperti halnya di Southgate Altuera  yang juga menfasilitasi penghuninya dengan adanya pusat perbelanjaan atau mall dan office di sekitar apartement. Di kondominium, utilitas termasuk air, listrik, dan asuransi tidak dibagi di antara unit-unit, sementara di apartemen utilitas dibagi dalam seluruh bangunan bertingkat. Tagihan utilitas dibagi rata dengan jumlah unit di gedung.

 

Flat adalah istilah yang kebanyakan digunakan di Inggris dan Eropa untuk menandakan sebuah rumah susun. Umumnya bangunan flat digunakan untuk masyarakat menengah sampai ke bawah. Rumah susun memiliki kamar yang telah dipartisi dan direncanakan secara merata karena ada rencana untuk dapur, kamar, kamar mandi dan fasilitas lainnya yang diperlukan. Adanya loteng di sebagian besar flat merupakan tempat yang bisa digunakan secara bergantian atau merupakan fasilitas umum.