Apa Semua Pekerjaan Bisa di WFH kan?
Loading...

Penetapan sosial distancing serta pembatasan sosial berskala besar yang ditetapkan oleh pemerintah membuat beberapa perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan WFH. Namun, WFH sendiri tidak bisa dipisahkan dari internet, sehingga cek masa aktif kuota harus dilakukan sewaktu waktu. Namun dari pekerjaan yang ada, apakah semuanya bisa di WFH kan? Berikut ini sederat pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah.

 

Pekerjaan yang Tidak Dapat Dikerjakan dari Rumah

 

1. Dokter

Dokter memiliki tugas untuk yang cukup penting di bidang kesehatan. Ketika seorang pasien memiliki penyakit tertentu, maka haru silakukan pemeriksaan terhadap penyakitnya. Tentu hal ini harus dilakukan secara langsung dengan mengggunakan alat alay tertentu. Belum lagi penyembuhan terhadap pasien juga membutuhkan banyak kontak secara langsung dengan pasien. Maka profesi sebagai dokter tidak bisa di WFH kan sebagimana pekerjaan perkantoran umumnya.

 

2. Pemadan Kebakaran

Menjadi petugas pemadan kebakaran harus selalu siap sedia ketika terjadi kebakaran di suatu tempat. Profesi ini dikatakan memiliki peranan yang cukup penting, karena dapat mencegah kebarakan yang lebih luas. Sayangnya pemadam kebakaran menjadi salah satu pekerjaan yang tidak bisa dilakukan dari rumah. Apalagi jika tempat kebakaran agak jauh dari lokasinya, maka seorang pemadam kebakaran harus tetap ke lapangan untuk memadamkan api agar tidak semakin besar.

 

 3. Nelayan

Pekerjaan selanjutnya yang tidak bisa dikerjakan di rumah yaitu menjadi nelayan. Seorang nelayan bekerja untuk mencari ikan di laut lepas, untuk nantinya dijual ke TPI. Jika seorang nelayan tidak pergi ke laut, maka tentu mereka tidak akan bisa mendapatkan ikan sebagai sumber penghasilan utama baginya. Maka mau tidak mau mereka tetap harus tetap pergi melaut, meskipun banyak pekerja lain yang beralih mengerjakan tugasnya dari rumah.

 

4. Videographer

Seorang videographer akan sulit menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Hal ini disebabkan karena seorang videographer harus membawa peralatan berat yang cukup mahal. Maka ketika mereka bekerja di kantor, tentu ini akan lebih membantu perusahaan untuk menghasilkan ide ide baru untuk divisualisasikan. Kondisi ini akan memungkinkan bagi tim marketing untuk membuat video pemsaran yang jauh lebih menarik dan lebih cepat untuk memikat konsumen.

 

5. Karyawan Bank

Bank menjadi salah satu lembaga yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan saat ini, mulai dari untuk penyimpanan uang, peminjaman hingga kredit. Apalagi dengan semakin bertambahnya jumlah nasabah, maka keperluan yang diurus juga semakin banyak.  Sehingga profesi karyawan bank  tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya di rumah. Apalagi urusan yang diselesaikan oleh karyawan bank menyangkut pelayanan publik dan harus dilakukan di kantor.

 

6. Petani

Pekerjaan seorang petani adalah menanam sayuran, buah buahan hingga bahan pokok seperti padi dan jagung. Selain menanam, mereka juga harus melakukan perawatan secara rutin, dan memastikan tanamananya dalam kondisi yang baik. Dan apabila ada hama tanaman, maka seorang petani harus segera membasminya. Begitupun juga pemberian pupuk dan pengairan juga harus dilakukan secara rutin. Dengan demikian, pekerjaan ini tidak dapat dilakukan di rumah.

 

Adapun beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah diantaranya menjadi penulis lepas, programmer, web developer, penerjemah ataupun data entry. Selain itu, pekerjaan sebagai manajer sosial media sosial juga dapat dilakukan di rumah. Namun pekerjaan pekerjaan tersebut, mengharuskan seseorang sering sering cek masa aktif kuota, agar pekerjaan bisa berjalan dengan lancar. Terutama manajer sosial media yang harus online hampir setiap waktu.