Saatnya UMKM dan Para Pengusaha INDONESIA“Go Digital”
Loading...

Ajang Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With Indonesia Local Brands Expo merupakan wadah yang tepat untuk mempercepat proses digitalisasi produk-produk UMKM sehingga bisa menembus pasar yang sedang lesu dan mampu bersaing di dalam negeri dan luar negeri di pasar nasional ataupun pasar Internasional.

 

17 November 2020, Jakarta- “Indonesia Digital Trade Show” in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020” dengan tema “Connect Your Business With Digital Solution”.

 

 

Pameran ini adalah Pameran multi industri melalui Online Virtual dengan konsep digital & realistik (3D Online Exhibition). Pameran ini sedikit berbeda dengan pameran – pameran biasanya yang mengharuskan para pengunjung dan peserta untuk hadir langsung ke hall atau venue yang di tentukan, Didalam acara ini para peserta dan pengunjung bisa bertemu & bertransaksi melalui Platform VIRTUAL EXPO 2020. Para peserta tidak perlu membangun sebuah booth dikarenakan seluruh material sudah disediakan di pameran ini dalam bentuk Design Booth Virtual 3D dan untuk transaksi sudah disediakan melalui Payment Gateaway .

 

Pihak penyelenggara sendiri mengaku bergandengan tangan bersama, baik dengan pemerintah maupun swasta untuk pelaksanaan acara ini agar para pengusaha merek lokal Indonesia khususnya para pelaku UMKM di seluruh Indonesia bisa tetap berjualan untuk mendapatkan cash in, tetap semangat untuk bisa berdagang melalui platform digital (go digital) dan pameran ini sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia.

 

 

Dukungan dari Asosiasi dan Pemerintah

 

Melalui Indonesia Local Brands Expo dan Gerakan Support Local Brands, Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) sangat mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Beli Kreatif Lokal Indonesia. “Dengan adanya pameran virtual Indonesia Digital Trade Show in conjunction with Indonesia Local Brands Expo yang menggunakan basic website dan mudah diakses di seluruh Indonesia ini diharapkan membuat para pengusaha merek lokal Indonesia dan pelaku UMKM Indonesia go digital, kembali bangkit dan memiliki semangat lebih untuk semakin maju serta membantu dalam pemulihan ekonomi Indonesia,, ujar Susanty Widjaya, CFE selaku Ketua Umum ASENSI (Asosiasi Lisensi Indonesia).

 

Victoria br Simanungkalit (Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi & UKM) mengatakan saat ini Wabah atau pandemiccovid 19 ini mengakibatkan banyak dampak buruk dari segala aspek salah satunya perekonomian. Perekonomian negara berdampak bagi seluruh industri khususnya UMKM yang merasakan penurunan yang dratis dalam penjualan produk.

 

Dalam hal ini kementerian Koperasi dan Usaha kecil menengah tidak tinggal diam begitu saja dan terus berusaha dan berupaya untuk mendukung segala aktivitas UMKM dengan program-program seperti salah satunya dukungan dengan kegiatan virtual expo ini.

 

Oleh karena itu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah akan mendukung penuh seluruh acara yang bertujuan baik untuk para UMKM salah satunya acara virtual expo dengan judul pameran “Indonesia Digital Trade Show in Conjunction With  Indonesia Local Brands Expo”acara ini adalah pameran Virtual yang berbentuk 3D Interactive dan berbeda dari acara virtual expo lainya.

 

“Baik pemerintah maupun swasta juga turut mendorong pelaksanaan acara ini agar para pengusaha lokal dan UMKM di seluruh Indonesia bisa menembus pasar digital (go digital) dan sebagai jembatan dalam mempercepat digitalisasi produk-produk UMKM di seluruh kota di Indonesia,” sebut Victoria Br Simanungkalit.

 

Selain dari Kementerian Koperasi dan UKM, dukungan serupa juga datang dari Kementerian Perdagangan. Disampaikan Syailendra, selaku Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan bahwa Kemendag mendukung penyelenggaraan kegiatan melalui partisipasi dengan mengikutsertakan 24 pelaku usaha waralaba dan potensial waralaba secara gratis di saat seperti sekarang ini.

 

Harapan besar dari Nia Niscaya, Deputi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberi dukungan kepada para pelaku usaha kreatif. kami memfasilitasi 24 jenama binaan kami yang  hadir pada Hall A. Kami hadirkan para jenama dari sub sektor kuliner, fashion, dan kriya di Pavillion Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.   Kami berharap IDTS ini  dapat turut menjadi bagian dalam pemulihan perekonomian nasional, peningkatan tingkat konsumsi domestik, serta memperkuat program pemerintah yakni gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

 

Sejumlah perusahaan besarpun turut berpartisipasi maupun mendukung pameran virtual expo Indonesia Digital Trade Show In conjunction with Indonesia Local Brands Expo 2020. Diantaranya Bank BCA selaku Official Bank Partner, Blibli.com, LinkAja, MyAdsTelkomsel, Oxygen, Sicepat, Mustikaratu, dan Garuda Indonesia selaku airlaines partner di dalam event ini.

 

Hadirkan Kegiatan Positif

Banyak agenda yang tersaji di pameran virtual ini antara lain : Virtual Exhibition, Virtual Business Matching, Virtual Workshop, Virtual Talkshow & Conference, Virtual Awarding, Virtual Sport & Hobbies, Virtual Tourism, Virtual Street Food dan Virtual Fashion Show, Virtual Entertainment.

 

 

 

Untuk pengunjung virtual expo yang dimulai pada tanggal 20 November sampai 7 Desember 2020 ini, S.R Nopit Cahyani, Direktur PT. Sukses Mulya Pratama mengatakan pihaknya menargetkan sekitar 200 ribu pengunjung serta melibatkan 375 Pengusaha Lokal dan UMKM di seluruh Indonesia. Seluruh program acara ini dapat diakses secara “FREE” (tidak dikenakan biaya).

 

“Akan ada banyak kegiatan dan agenda menarik sepanjang gelaran virtual expo di “Indonesia Digital Trade Show 2020” in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020” ini yang bisa menambah keseruan sepanjang acara, antara lain Virtual Gowes & Run Virtual Challenge dan juga CoCo Share (Cooking, Coaching & Sharing).

 

Sementara untuk target transaksinya sendiri, Nopit menyebut angka 25.000.000.000,- dari total keseluruhan transaksi sepanjang pameran dengan total pengunjung 200.000.

 

“Kita menargetkan angka realistis dari even ini karena tentu ada taste yang berbeda jika dibandingkan dengan pameran offline. Namun kami tetap optimis virtual expo ini bisa berjalan dengan sukses,” tambah dia.

 

Acara grand opening Indonesia Digital Trade Show in conjunctin with Indonesia Local Brands Expo secara resmi dibuka oleh tiga Menteri yakni, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Kementerian Perdagangan RI dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

 

Ayo Kita dukung dan ramaikan acara Indonesia Digital Trade Show 2020 “in Conjunction With “Indonesia Local Brands Expo 2020”.

 

 

Tentang Sukses Mulya Pratama

SUKSES MULYA PRATAMA bukanlah pendatang baru di dunia bisnis Meeting Service, Incentive, Conference, and Exhibition (MICE) di Indonesia, karena lahir dan digerakkan oleh MICE Professional dengan pengalaman panjang dan beragam tipe portofolio acara di berbagai lokasi.
Sukses Mulya Pratama didukung oleh tim kreatif yang memiliki banyak pengalaman kerja untuk instansi pemerintah, perusahaan, dan organisasi di Indonesia, dengan karya visual terkini dan multimedia kreatif. Sukses Mulya Pratama memiliki portofolio nasional dengan klien dari berbagai kementerian dan perusahaan besar termasuk perusahaan publik (Tbk) Beberapa kegiatan yang sukses dilaksanakan oleh SMP antara lain : KAI Millennial Travel, KAI Expo, KAI Access Exhibition, Webinar Kemenkop dan beberapa even product launch lainnya.