Perbedaan Dan Persamaan Sarana Investasi Antara Unit Link Dan Reksa Dana
Loading...

Sarana investasi dari tahun-ketahun trendnya selalu mengalami perubahan. Tren yang cukup populer anatara lain adalah Unit link dan reksa dana. Meskipun keduanya sama-sama sarana investasi namun ada beberapa perbedaan diantara keduanya dan keuntungannya tersendiri. Reksa dana memang sedikit lebih diminati mengingat return yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Namun dengan unit link selain berinvestasi ada manfaat proteksi yang dihadirkan.

 

Baik reksa dana maupun unit link keduanya sama-sama menawarkan keuntungan investasi meskipun keberadaanya ditujukan untuk maksud yang berbeda-beda. Anda dapat berinvestasi reksa dana di beberapa bank yang sudah memiliki fasilitas ini, dan unit link di beberapa perusahaan asuransi salah satunya adalah AXA Mandiri.Namun sebelum anda mencari tahu mengenai AXA Mandiri, perlu anda pahami ada beberapa kesamaan antara reksa dana dan unit link diantaranya :

 

1. Dikelola manajer investasi

 

Pengelolaan dana antara unit link dan reksa dana sama-sama dikelola oleh manajer investasi. Ditangan manajer dana yang terkumpul ditempatkan di pos-pos  atau instrument investasi yang tersedia seperti saham, obligasi, deposito dan sebagainya. Itu artinya baik unit link maupun reksa dana memanfaatkan instrument investasi yang sama.

 

2. Memiliki tingkat resiko yang hampir sama

 

Baik reksa dana maupun unit link keduanya memiliki tingkat resiko yang hampir sama. Dengan instrument yang telah disebutkan di atas kedua intrumen investasi ini memiliki resiko yang sama besarnya. Mislanya reksa dana saham, meskipun menawarkan keuntungan yang tinggi hal ini pun juga berpengaruh terhadap tingkat resiko kehilanagan yang tinggi pula hal ini dikarenakan harga saham yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi negara bahkan dunia. Sementara itu di unit link ketika anda membayar premi kepada pihak asuransi selain dimasukan ke pos asuransi premi tersebut juga dimasukan ke pos investasi. Dan premi yang masuk dalam pos investasi rata-rata ditempatkan di instrument reksa dana saham karena returnnya tinggi.

 

Karena reksa dan dan unit link dimaksudnkan dengan tujuan yang berbeda tentunya ada sejumlah perbedaan yang ada diantara keduanya. Perbedaan utamanya dan paling terlihat adalah dimana reksa dana merupakan salah satu intrumen murni investasi sedangkan unit link merupakan salah satu terobosan bagi anda yang ingin mendapat manfaat proteksi dan investasi sekaligus. Perbedaan lain diantaranya :

 

1. Perbedaan waktu dan jumlah investasi

 

Reksa dana tidak mematok jumlah besaran nilai investasi yang disetorkan. Anda bisa kapan saja menambahkan jumlah investasi anda di reksa dana kapan pun anda mau. Sedangkan unit link karena produk asuransi berarti anda terikat dengan waktu kapan anda harus melakukan setoran. Selain itu setoran anda juga terbagi menjadi dua yakni untuk asuransi dan investasi.

 

2. Perbedaan biaya jual dan beli investasi

 

Dalam reksa dana tidak ada biaya tambahan sama sekali ketika anda ingin membeli atau menjualnya. Berbeda dengan unit link yang akan menambahkan biaya sebesar 5% ketika ingin menjual ataupun membelinya.

 

3. Perbedaan hasil investasi

 

Yang dimaksud hasil investasi disini adalah kapan anda dapat melihat returntersebut setelah pertama kali melakukan setoran atau top up atau pembayaran premi. Di Unit Link, Anda baru bisa melihat hasil investasi setelah tahun kedua. Ini terkait dengan adanya sejumlah biaya dan potongan. Berbeda dengan reksa dana, hasil investasinya sudah bisa dipantau sejak hari pertama Anda melakukan setoran. Atau Anda juga melihat perkembangan investasi tersebut melalui laporan bulan pertama.

 

Dari semua penjelasan diatas sekarang anda sudah lebih paham dengan apa yang dimaksud engan reksa dana dana pa yang dimaksud dengan unit link. Anda dapat berinvestasi reksa dana di beberapa bank yang sudah memiliki fasilitas ini, dan unit link di beberapa perusahaan asuransi salah satunya adalah AXA Mandiri. Pada intinya apabila anda menginginkan investasi murni pilihlah reksa dana, namun jika anda ingin sekaligus mendapat manfaat proteksi pilihlah unit link. Info lebih jelas mengenai AXA Mandiribisa anda cek di website resminya