Menggunanakan Virtual Account Sebagai Sarana Untuk Melakukan Transaksi Digigtal
Loading...

Bagi sebagian orang melakukan transaksi transfer secara manual memang merepotkan, dijaman modern ini penggunaan digital tentunya juah lebih otomatis. Disisi pelanggan mereka harus melakukan konfirmasi transfer setelah menyelesaikan pembayaran transfer dengan mengirimkan bukti fisik atau screen shoot mobile banking mereka. Selain prosesnya yang terlalu panjang transfer bank secara manual juga dapat menimbulkan isu keamanan data karena rekening pengusaha akan ditampilkan secara gambling diinternet. Hal inilah yang menimbulkan rawannya penyalah gunaan data. Transfer manual juga meningkatkan terjadinya human eror.

 

Untuk menyiasati hal tersebut anda dapat menggunakan API BRIVA, atau BRI Virtual Account. Salah satu API Bank BRI ini dibuat khusus untuk perusahaan untuk kebutuhan transaksi konsumen dari perusahaan tersebut. BRI Virtual Account sendiri merupakan nomor rekening yang tidak benar-benar nyata karena sifatnya sebagai pengganti nomor rekening asli. Pengusaha yang tidak ingin rekeningnya dketahui banyak orang disarankan lebih memilih menggunakan BRI Virtual Account untuk melindungi nomor rekeningnya. Dengan demikian pelanggan yang ingin melakukan transaksi hanya perlu melakukan transfer melalui nomor virtual account. Pelangga juga tidak perlu khawatir meskipun nomor virtual account bukanlah nomor rekening sebenarnya, tetapi transaksi mereka akan tetap masuk kepada rekening yang mereka tuju.

 

Saat ini memang masih belum banyak para pengusaha yang menggunakan virtual account dalam kegiatan transaksi sehari-hari. Nomor-nomor virtual account lebih sering dijumpai pada beberapa e-commerce seperti, Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Gojek dan lain-lain. Padahal layanan menggunakan nomor virtual account sudah banyak disediakan oleh bank. Saat ini pembayaran yang lazim ditemui yang sudah menggunakan virtual account adalah pembayaran uang kuliah yang diterepkan oleh perguruan tinggi untuk memudahkan mahasiswa melakukan pembayaran.

 

Kelebihan penggunaan virtual account untuk perguruan tinggi untuk mempersingkat dan mempermudah segala pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Selama ini yang umum diketahui adalah bagaimana ribetnya proses pembayaran yang ada di perguruan tinggi. Terutama perguruan tinggi swasta yang biasanya masih menggunakan nama yayasan sebagai jalan masuk pembayaran. Otomatis mahasiswa yang ingin melakukan pembayaran kuliah mau tidak mau harus menyimpan nomor rekening yayasan. Setelah melakukan pembayaran mahasiswa diaruskan mengirmkan bukti fisik transfer kepada perguruan tinggi. Proses inilah yang terlalu berbelibet dan memakan waktu.

 

Dengan menggunakan virtual account perguruan tinggi dapat menyesuaikan nomor pembayaran bagi mahasiswa. Bahkan satu rekening dapat menggunakan nomor virtual account untuk memisahkan dan memudahkan mahasiswa untuk melakukan pembayaran. Misalnya mahasiswa fakultas ekonomi memiliki nomor virtual account yang berbeda dengan nomor virtual account mahasiswa dari fakultas hukum. Meskipun nomor virtual account mereka berbeda tetapi tujuan pembayaran mereka akan diarahkan kenomor rekening yang sama.

 

Selain itu keunggulan menggunakan virtual account lainnya adalah, jumlah pembayaran yang dituju akan langsung terdeteksi sehingga nasabah atau pelanggan tidak perlu lagi memasukan jumlah nominal yang akan ditransfer karena jumlah pembayaran akan langsung tertera pada layar monitor. Kemudian dengan menggunakan virtual account bisa menghilangkan biaya administrasi yang biasanya dibebankan kepada pelanggan apabila melakukan transfer antar bank. Adanya virtual account sebagai bentuk dari API Bankuntuk mempermudah transaksi memamng sangat menolong tertama bagi anda yang memiliki usaha dan menghadapai ratusan bahkan ribuan transaksi secara rutin serta tidak ingin nomor rekening anda tersebar luas. Selain itu pembayaran dengan menggunakan virtual account dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun serta dapat diakses melalui mobile banking.