Kelebihan dan Kekurangan Modem Wifi Telkomsel 4G Lte 500Mbps
Loading...

Meskipun saat ini modem-modem dengan jenis USB sudah banyak ditinggalkan karena sudah banyak munculnya modem jenis Mifi yang lebih simple tanpa harus colok ke laptop tetapi salah satu produk dari telkomsel ini cuku direkomendasikan bagi anda yang tetap mengininkan modem berjenis ini. Wifi Modem Telkomsel dengan kecepatan hingga 500 Mbps ini mungkin sudah ketinggalan jaman tetapi untuk segi kecepatan datanya tidak bisa dikatakan begitu. Dengan tagline produk “Enjoy the freedom of surfing anytime and anywhere” telkomsel sekali lagi menciptakan sebuah perangkat internet ang dapat digunakan dimanasaja kapanpun anda berada.

 

Seperti halnya bentuk-bentuk modem usb lain, bentuk modem ini juga sama. Berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Di bagian depan modem wifi telkomselterdapat tulisan TELKOMSEL 4G LTE 500 Mbps. Serta tidak luput lampu led indicator yang menyala berkedip-kedip. Warna dari LED ketika berkedip pun berbeda-beda. Ini ditujukan supaya anda dapat memahami bagaimana modem ini bekerja. Warna LED yang harus anda pahami adalah apabila warna LED menyala merah menandakan modem tidak mendapatkan sinyal. Sedangkan warna hijau berarti modem mendapatkan sinyal. Jika led berkedip berwarna hijau dan merah berarti ada perangkat yang terhubung ke modem (misal smartphone/ponsel atau komputer) tetapi modem tidak mendapatkan sinyal internet. Jika modem berkedip berwarna hijau dan biru/ungu maka ini menandakan bahwa modem sudah terhubung dengan perangkat dan mendapatkan sinyal internet. Pahami betul-betul kode yang diberikan dari LED ini supaya anda tidak keliru dalam menganalisa modem yang anda miliki.

 

Kelebihan menggunakan modem ini diantaranya kemudahan dalam mengoprasikannya. Dalam instalasi modem ini sudah dibekali support beberapa system operasi windows. Dari windows 8 hingga windows 10 terbaru. Anda hanya perlu menancapkan modem ini ke laptop anda maka pasa pertama kali seting modem akan menyuruh anda untuk melakukan instalasi aplikasi yang menjalankan modem ini. Yang kedua meskipun modem ini dikeluarkan oleh telkomsel terbukti dengan tulisan telkomsel yang cukup besar di bagian depan modem, namun modem ini juga support dengan mengunakan operator lain. Artinya jika anda bukan pengguna telkomsel atau di rumah anda sinyal operator lain lebih kencang anda dapat menggunakan operator lain seperti XL, Axis, Indosat, Three dan operator lainnya. Lalu modem ini juga sudah memiliki pengaturan APN otomatis sehingga anda tidak perlu melakukan setting APN apabila anda mengganti kartu modem ini. Modem ini secara otomatis mengatur APN kartu yang ada didalam modem ini. Dalam modem ini juga sudah bisa digunakan untuk SMS, Voice call dan Phonebook. Fitur unggulan dalam modem ini adalah dapat digunakan tanpa harus ditancapkan ke dalam laptop ataupun perangkat computer. Modem ini dapat langsung aktif selayaknya wifi hanya dengan menggunakan power bank saja. Dengan menghubungkan modem ini ke power bank anda sudah langsung dapat menggunakan modem ini. 

 

Kekurangan dari modem ini sendiri sama halnya seperti modem-modem lainnya. Modem jenis seperti ini memang terkenal cepat panas. Perangkat modem yang panas lama-kelamaan akan mempengaruhi kecepatan internet, untuk menghindari hal tersebut gunakan kabel USB tambahan agar modem tidak langsung dicolok pada perangkat anda. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa panas yang dihasilkan akan mempengaruhi sinyal yang ditangkap ini juga menjadi kelemahan dari modem ini. Itulah tadi beberapa kelebihan dan kelemahan dari Modem Wifi Telkomsel 4G Lte 500Mbps ini. Meskipun jadul tapi modem ini masih cukup relevan bagi anda yang ingin memilikinya saat ini