5 Dampak Negatif Sosmed Untuk Remaja dan Milenial !
Loading...

 

Hai sobat ! Saat ini teknologi sudah makin canggih, adanya internet membuat semua orang mudah mengakses apapun yang mereka mau seperti salah satunya sosial media/sosmed. Sosmed sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang rutin diakses oleh semua kalangan termasuk anak muda dan milenial. Namun jika tidak digunakan dengan bijak, sosmed justru akan berdampak buruk bagi penggunanya. Oleh karena itu kali ini Zeropromosi telah merangkum beberapa dampak negatif sosmed bagi remaja dan milenial agar kamu juga bisa lebih waspada. Yuk simak artikelnya !
1. Kurang Komunikasi dan Antisosial merupakan salah satu pengaruh buruk media sosial terhadap generasi milenial
Sosial media memang bermanfaat sebagai media komunikasi dan berinteraksi dengan orang banyak dari jarak jauh sekalipun. Akan tetapi sangat disayangkan banyak generasi milenial yang justru kurang bijak dalam menggunakannya. Seperti yang banyak kita liat saat ini, hampir semua anak muda jaman sekarang ysibuk dengan gadget dan smartphone mereka masing-masing hingga mereka lupa dengan dunia nyata dan kehidupan sosial di luar gadget yang mereka pegang. Terlalu sering berinteraksi lewat media sosial ternyata bisa membuat generasi milenial jadi lupa bagaimana caranya untuk bersosialisasi di dunia nyata.  Bahkan tak sedikit dari mereka yang jadi jauh dengan keluarga dan orang tersayang hanya karena sibuk dengan gadget dan dunia maya. Nah sobat zero, main sosial media dan gadget nya jangan sering-sering ya. Cobalah untuk bersosialisasi dengan orang yang ada di lingkungan sekitar kamu juga. Agar tidak hanya pandai bergaul di sosmed tapi juga pandai bergaul di dunia nyata. Meskipun sekarang semua serba online, hubungan offline atau secara langsung itu penting loh.
2. Mengganggu Aktifitas Lain merupakan salah satu pengaruh buruk media sosial terhadap generasi milenial
Pengaruh buruk lain yang disebabkan oleh media sosial adalah bisa menggangu aktifitas lain. Saat ini yang menggunakan media sosial bukan hanya orang dewasa tapi anak-anak yang masih sekolah pun banyak yang menggunakannya. Jika jaman dulu anak-anak remaja hanya fokus dengan sekolah atau bermain dengan teman sebaya nya di lingkungan rumah, beda dengan anak jaman sekarang yang selalu menggenggam smartphone kemanapun mereka pergi. Banyak dari generasi milenial yang jadi kecanduan sosial media dan membuat mereka lebih malas. Hal ini tentu membuat banyak aktifitas lain jadi terganggu dan terabaikan, seperti misalnya tugas sekolah, tugas kuliah dan aktifitas lainnya. Sudah seharusnya generasi milenial bersikap lebih bijak dalam menggunakan media sosial, dengan memberikan batasan waktu penggunaan smartphone dan mengatur waktu dengan baik. Selama tidak digunakan secara berlebihan, sosial media tidak akan mengganggu aktifitas yang lain. Jadi, gunakan sosial media dengan bijak ya sobat.
3. Memicu Cyber Bullying merupakan salah satu pengaruh buruk media sosial terhadap generasi milenial
Di era modern dengan teknologi canggih dan adanya media sosial membuat tak sedikit remaja generasi milenial yang menuntut diri mereka untuk sama dengan apa yang mereka lihat dan sukai. Tak sedikit generasi milenial yang memberikan komentar kurang baik sehingga membuat beberapa diantara mereka merasa tertekan. Padahal nyatanya sosial media bukanlah ajang untuk menjadi seperti apa yang orang lain inginkan dan membuat diri setara dengan standar penilaian dari orang lain. Banyak juga generasi milenial yang menjadi korban bullying atau cyber bullying karena tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Hal ini sudah banyak sekali terjadi bahkan bisa membuat beberapa orang jadi gelisah dan stress dengan komentar negative yang mereka terima. Tindakan cyber  bullying merupakan tindakan tidak baik yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan mental seseorang. Jadi buat sobat zero yang menggunakan media sosial, cobalah memberikan saran dengan cara yang lebih baik ya. Atau jika tidak suka lebih baik diam dan tidak perlu dilihat, kamu gak mau kan kalau hal ini juga terjadi padamu atau orang yang kamu sayangi.
4. Pola Tidur Tidak Teratur merupakan salah satu pengaruh buruk media sosial terhadap generasi milenial
Hayooo siapa nih yang suka gatau waktu kalau main gadget apalagi kalau udah scroll sosial media ? Nah hal ini terjadi juga karena kamu tidak bisa menggunakan sosial media dengan baik lho sobat. Menurut peneliatan, penggunaan media sosial juga bisa memengaruhi pola tidur generasi milenial lho. Banyak generasi milenial yang kecanduan sosial media hingga lupa waktu, bahkan mereka sering terbangun tengah malam hanya untuk cek gadget loh. Sampai-sampai terkadang ada yang terbangun niatnya mau liat notifikasi doang eh malah jadi keterusan. Hal ini ga baik ya sobat, karena akan mengganggu kesehatan kamu. Jadi coba atur waktu main gadget dan sosial medianya ya.
5. Banyak Kejahatan Dunia Maya merupakan salah satu pengaruh buruk media sosial terhadap generasi milenial
Dijaman yang sudah serba canggih dan modern ini tidak menutup kemungkinan ada oknum akal yang memanfaatkan teknologi. Bukan hanya di kehidupan nyata, di dunia maya juga terdapat banyak sekali kejahatan loh sobat. Ada yang menipu lewat sosial media dengan menggunakan akun palsu, menyebar berita hoaks yang tidak jelas kebenarannya, hingga banyak juga orang yang menggunakan kata-kata buruk untuk mengancam dan banyak lagi. Kemudahan dalam mengakses membuat banyak orang jadi lebih mudah untuk melakukan apapun di media sosial dan internet. Oleh karena itu generasi milenial harus lebih cerdas dan hati-hati dalam menggunakan sosial media ya.
Nah sobat zeropromosi itulah beberapa pengaruh buruk sosial media yang harus kamu waspadai ya.  Ingat ya apapun bisa terjadi di dunia maya, jadi berhati-hatilah dalam menggunakannya. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin ya sobat, agar kamu terhindar dari pengaruh buruknya. Yuk jadi generasi cerdas dan bijak dalam bersosial media !
Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi untuk sobat zero semua ya. Jangan lupa share artikel ini juga ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu ya, agar mereka bisa terhindar dari pengaruh buruk media sosial. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa !
#faktaunik #faktamenarik #Infounik #infomenarik #duniamaya #sosmed #sosialmedia #dampaknegatifsosmed #dampaknegatifsosmeduntukmilenial #remaja #cyberbullying #bahayasosialmedia #teknologi #Internet #lifestyle #unik #zeropromosi #vendorsouvenir #souvenir
https://www.zeropromosi.com/2021/06/5-pengaruh-buruk-media-sosial-terhadap.html