7 Cara Refleksi Diri Untuk Menyambut Tahun Baru Yang Lebih Baik !
Loading...


Hai sobat ! Tahun 2021 memang tahun yang cukup berat bagi banyak orang mengingat adanya pelonjakan kasus pandemi covid-19 sehingga banyak orang yang kehilangan pekerjaan bahkan keluarga. Meskipun berat, tahun lalu memberikan banyak sekali pelajaran hidup yang bisa kita refleksikan, ambil hikmahnya dan menata kembali hidup yang lebih baik. Akan tetapi tidak semua orang bisa merefleksikan dirinya dengan baik, oleh karena itu kali ini kami ingin memberikan sejumlah tips refleksi diri untuk menyambut tahun baru yang lebih baik. Mumpung masih awal tahun, yuk simak dan ikuti tips berikut ini !
1. Awali Dengan Jujur Pada Diri Sendiri merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Sebelum memulai dan mengetahui lebih dalam perihal refleksi diri, sobat zero perlu tahu tujuan dari refleksi itu sendiri. Seperti yang telah dikatakan sebelumya, refleksi diri merupakan proses evaluasi atau introspeksi diri yang dilakukan dengan cara melihat dan merenungkan kembali apa yang telah di lakukan entah itu perihal kejadian, pengambilan keputusan dan kebiasaan sehari-hari. Untuk melakukan refleksi diri kamu tentu harus lebih terbuka dan jujur terhadap dirimu sendiri. Jujur bukan berarti menghakimi diri sendiri ya sobat melainkan untuk lebih mengetahui tentang dirimu sendiri. Jika dirimu saja tidak bisa terbuka maka akan sulit untuk merubah suatu hal kurang baik yang mungkin sedang kamu rasakan. Jujur pada diri sendiri akan membuat dirimu merasa lebih nyaman dan tidak ada beban, terlebih kamu juga bisa tahu lebih banyak apa saja yang telah kamu lakukan sebelumnya dan kamu menyadari hal tersebut. Dengan terbuka dan jujur , itu sebagai langkah pertama yang akan mempermudah kamu dalam melakukan refleksi diri.
2. Siapkan Sejumlah Pertanyaan merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Manfaat dari refleksi diri itu sendiri adalah untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan dalam diri. Setelah kamu berusaha jujur dan terbuka pada dirimu sendiri, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat dirimu benar-benar jujur dengan menyiapkan sejumlah pertanyaan tentang apa yang selama ini kamu lakukan. Tidak perlu terlalu banyak, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa pertanyaan penting yang menjadi inti dari permasalahan mu. Misalnya apa yang membuat kamu merasa takut dan mengapa hal itu bisa terjadi, bagaimana kamu menjalani hari setiap harinya, apa yang kamu lakukan jika ada masalah, apakah ada hal khusus dalam dirimu yang ingin kamu ubah, hambatan apa yang selama ini kamu hadapi dan banyak lagi. Kamu bisa memilih beberapa pertanyaan saja yang mungkin berkaitan dengan tujuan dan harapan mu di tahun depan. Dengan begitu kamu juga jadi lebih fokus dengan perubahan yang ingin kamu lakukan. Ingat ya, saat memberikan pertanyaan kepada dirimu sendiri jangan merasa takut untuk menjawabnya secara jujur karena itu akan sangat membantu proses refleksi mu. Kamu juga bisa mencoba memberikan pertanyaan yang ada dalam pikiran mu akhir-akhir ini, tetap enjoy dan jangan merasa sedih ya. Dengan sejumlah pertanyaan yang kamu buat ini, kamu juga bisa tahu apa yang terbaik untuk dirimu di masa depan. Jadi jangan lewatkan tips yang satu ini ya.
3. Tentukan Metode Refleksi Diri Yang Kamu Inginkan merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Untuk melakukan refleksi diri ada banyak cara yang bisa dilakukan, dan tentunya setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk melakukan refleksi. Kamu bisa memiliki metode apa yang tepat dan sesuai dengan kepribadian mu agar kamu merasa nyaman. Sebenarnya cara untuk merefleksikan diri juga sangat beragam, bisa dengan menulis, berdiam diri di dalam kamar, melakukan interaksi secara langsung dengan orang sekitar, membaca buku, beribadah, atau berkunjung ke sebuah tempat seperti alam terbuka agar terasa lebih fresh. Kamu bisa memiliki salah satu metode yang menurut mu bisa memberikan rasa nyaman untuk melakukan refleksi diri. Ingat ya sobat jangan memaksakan diri untuk melakukan refleksi dengan metode yang tidak sesuai dengan keperibadian mu. Akan lebih baik jika kamu melakukan refleksi di tempat yang lebih sunyi agar dirimu merasa lebih tenang.
4. Pilih Waktu Yang tepat Untuk Melakukan Refleksi merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Kebanyakan orang melakukan refleksi ketika malam pergantian tahun tiba, padahal sebenarnya refleksi tidak memiliki waktu tertentu alias kamu bisa melakukan nya kapan saja. Bahkan refleksi sebenarnya tidak harus di lakukan saat kamu benar-benar memiliki waktu luang, di sela-sela kesibukan sehari-hari pun kamu bisa melakukan refleksi. Akan tetapi berhubung kamu ingin melakukan refleksi untuk menyongsong hidup yang lebih baik di tahun baru, tidak ada salahnya jika kamu memilih waktu khusus untuk melakukan refleksi dengan tenang. Misalnya kamu memiliki waktu refleksi 15 menit sebelum tidur, kamu bisa fokus terhadap salah satu persoalan yang mungkin sedang atau sering kamu alami. Tapi jangan hanya memikirkan saja ya sobat, kamu juga harus merenungkan akar dari persoalan yang kamu alami. Dari sini kamu bisa tahu apa yang harus kamu lakukan nantinya agar hal tersebut tidak terulang lagi. Jika kamu ingin membahas lebih banyak lagi, kamu bisa memilih weekend sebagai waktu untuk melakukan refleksi diri. Kamu bisa memilih pagi hari sambil berolahraga atau sambil membaca buku. Tapi ingat ya sobat, jangan buat momen refleksi diri ini menjadi momen untuk menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang pernah dilakukan. Karena pada dasarnya refleksi diri adalah proses evaluasi untuk melakukan perubahan baik bukan hanya untuk melihat kesalahan.
5. Maafkan Diri Sendiri dan Terima Kekurangan merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Jika kamu sudah meyakinkan diri untuk melakukan perubahan, maka sudah seharusnya kamu belajar untuk memaafkan diri sendiri dan mulai menerima kekurangan yang ada dalam dirimu. Untuk melakukan tips yang satu ini mungkin memang tidaklah mudah, terlebih kamu harus menguatkan diri mu sendiri. Tapi kamu tidak perlu memaksakan diri untuk langsung menerima kekurangan 100%, kamu bisa melakukannnya pelan-pelan. Awali dengan tidak menyalahkan dirimu sendiri ketika ada suatu hal buruk terjadi, jika memang kamu merasa lelah dan khawatir cobalah untuk beristirahat sejenak dan jernihkan pikiranmu. Jangan buat diriku tertekan dengan terus mengingat kesalahan yang kamu lakukan, meskipun itu sebuah kesalahan setidaknya kamu sudah berusaha untuk memperbaikinya dan tidak melakukannya lagi. Lagipula kamu harus ingat bahwa setiap manusia itu tidak ada yang sempurna, selalu ada kekurangan di antara kelebihan.
6. Lakukan Self-Talk dan Ubah Kebiasan Buruk merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Beberapa tahun belakangan banyak orang yang merasakan stress dan depresi, terlebih adanya pandemi membuat persentase mengalami gejala stress lebih tinggi. Gejala stress dan depresi yang di alami beberapa orang di tahun ini mungkin juga di pengaruhi oleh berubahnya tatanan aktivitas dan gaya hidup. Nah, karena akhir tahun ini juga masih harus dilewati dalam kondisi pandemi, kamu harus bisa memberikan energy positif untuk dirimu sendiri. Bisa dengan melakukan afirmasi positif atau self-talk secara berulang setiap harinya. Katakan pada dirimu bahwa kamu hebat, kamu bisa melewati hari-hari ini, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik, kamu bersyukur dan banyak lagi. Meskipun sederhana tapi kalimat-kalimat ini bisa memberikan energi positif untuk dirimu lho, kamu juga jadi lebih semangat untuk menjalani hari. Jadikan kegiatan ini sebagai kebiasaan baru mu yang baik agar perlahan kamu bisa meninggalkan kebiasaan yang buruk. Selain melakukan self-talk, kamu juga perlu mengetahui kebiasaan baik dan buruk mu setiap harinya ya. Jadi kamu bisa melakukan refleksi diri mu dengan baik dan secara menyeluruh.
7. Lihat Perkembangan Setelah Refleksi Diri merupakan salah satu tips melakukan refleksi diri
Tips yang terakhir dan sangat penting untuk kamu lakukan adalah senantiasa memerhatikan perkembangan yang terjadi dalam dirimu setelah melakukan kegiatan refleksi diri. Jika sebelumnya kamu sudah melakukan refleksi dan mulai menulis resolusi, kamu bisa melihat perkembangan dalam dirimu dengan lebih jelas. Kamu bisa lihat dan amati apakah ada perubahan yang terjadi dalam dirimu setelah melakukan refleksi. Karena sejatinya hanya dirimu sendiri yang tahu apa perubahan apa yang ingin kamu lakukan, jadi kamu bisa catat perubahan apa yang telah kamu lakukan. Hal ini bisa membantu kamu memantau dirimu sendiri dengan lebih mudah. Meskipun nantinya kamu belum berhasil melakukan perubahan tidak perlu sedih ya, karena semuanya itu perlu proses.
Nah sobat zero itulah beberapa tips melakukan refleksi diri yang bisa kamu coba sebelum tahun baru tiba. Kamu bisa jadikan refleksi diri sebagai tahapan awal untuk membuat resolusi yang lebih realistis dan mudah dicapai. Dengan melakukan refleksi diri, kamu bisa lebih mengenal dan memahami dirimu sendiri.  Dengan begitu kamu akan menjadi dirimu dalam versi yang lebih baik setiap tahunnya, hidup juga lebih berkualitas dan memiliki arah yang jelas.
Demikian tips yang kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk sobat zero semua ya. Semangat terus untuk sobat zero yang ingin berkembang dan jadi pribadi yang lebih baik.  Jangan lupa untuk share artikel ini ke semua teman, kerabat dan keluarga kamu agar mereka juga tahu cara tepat untuk melakukan refleksi. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di tips berikutnya ! Selamat tahun baru !!! :D
#faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #tipsrefleksidiri #cararefleksidiri #metoderefleksidiri #tipsdantrik #cararefleksi #refleksidiri #tahunbaru #kegiatanpositifditahunbaru #tahunbaru2022 #newyear #zeropromosi #perbaikandiri #souvenir #vendorsouvenir
https://www.zeropromosi.com/2022/01/tips-refleksi-diri-agar-jadi-pribadi.html