9 Fakta Unik Tentang Imlek Ini Wajib Kamu Tahu !
Loading...


Hai sobat ! Bulan februari jadi bulan penuh kebahagiaan untuk banyak orang terutama masyarakat Tionghoa karena imlek akan dirayakan pada bulan Februari sebelum hari valentine. Bicara soal imlek, mungkin kamu sudah tau apa saja yang erat kaitannya dengan imlek seperti angpao, barongsai atau warna merah. Tapi tahukah kamu ternyata dibalik kemeriahan imlek ada sejumlah fakta unik yang jarang diketahui banyak orang dan sepertinya kamu wajib untuk tau. Maka dari itu kali ini kami akan memberikan sejumlah fakta unik tentang imlek yang wajib kamu tahu, yuk simak faktanya berikut ini !!
1. Warna Merah Sebagai Simbol Keberuntungan merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jaranng diketahui orang
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bukan hanya hujan saja yang selalu dinantikan oleh banyak orang karena dianggap sebagai pertanda keberuntungan dan keberkahan, tetapi warna merah juga menjadi salah satu hal unik yang tidak boleh terlewatkan saat Imlek loh sobat. Yups, layaknya Natal yang identik dengan warna merah, hijau, dan emas, Tahun Baru Imlek juga sangat identik dengan warna merah dan emas. Kamu tau gak, ternyata warna merah saat Imlek itu merupakan lambang keberuntungan loh. Warna merah juga dianggap sebagai simbol energi, kebahagiaan dan keberuntungan. Warna merah juga menjadi cirri khas Imlek karena konon ceritanya dahulu kala monster Nian yang dilambangkan sebagai nasib buruk itu bisa dikalahkan dengan pernak penik yang berwarna merah.
2. Angpao Menjadi Alat Transfer Keberuntungan merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jaranng diketahui orang
Salah satu tradisi unik yang selalu dilakukan oleh masyarakat tionghoa saat merayakan Imlek adalah saling memberikan angpao. Angpao menjadi salah satu hal yang selalu dinantikan oleh anak-anak dan juga orang dewasa yang belum menikah. Dan biasanya angpao yang diberikan juga berwarna merah khas Imlek. Tapi kamu tau gak kenapa masyarakat tionghoa memberikan angpao saat Imlek ? Seperti halnya  warna merah sebagai lambang keberuntungan, ternyata angpao berwarna merah juga memiliki makna keberuntungan dan berkah melimpah loh. Memberikan angpao juga memiliki arti yaitu saling memberi rezeki dan angpao menjadi alat transfer keberuntungan kepada penerimanya loh. Dan yang perlu kamu ketahui bahwa saat memberikan angpao itubukan nominalnya yang penting tapi warna merahnya, dan saat memberikan angpao juga tidak boleh sembarangan memilih nominal loh. Uang angpao tidak boleh mengandung angka 4 apalagi angka ganjil, karena dipercaya sebagai angka sial yang harus dihindari.
3. Memiliki Nama Lain Festival Musim Semi merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jaranng diketahui orang
Mungkin tidak banyak juga orang yang mengetahui perihal nama lain dari Tahun Baru Imlek, karena di Tiongkok sendiri Imlek memang terjadi setiap pergantian musim dingin ke musim semi. Oleh karena itu Tahun Baru Imlek juga dikenal dengan nama lainnya festival musim semi, dimana ini tandanya musim dingin akan segera berakhir dan musim semi akan segera tiba.
4. Tradisi Membakar Uang Palsu merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jaranng diketahui orang
Bukan hanya ada tradisi memberikan angpao, saat Imlek juga terdapat tradisi membakar uang palsu pada malam perayaan tahun baru. Membakar uang palsu ini juga disertai dengan membuat batangan emas sebagai bentuk hormat dan cinta kepada leluhur atau keluarga yang sudah meninggal. Tradisi ini dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi arwah leluhur di akhirat.
5. Imlek Adalah Hari Untuk Berdoa merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jarang diketahui orang
Sebelumnya atau pada awalnya, perayaan Imlek atau festival musim semi ini dirayakan dengan cara berdoa kepada Tuhan agar bisa mendapatkan hasil panen yang baik. Karena saat pergantian musim dingin ke musim semi akan banyak tumbuhan yang tumbuh dengan subur. Oleh karena itu Imlek menjadi hari untuk berdoa, bukan hanya kepada Tuhan tapi juga kepada leluhur.
6. Imlek Menjadi Liburan Panjang Di China merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jarang diketahui orang
Di China, Imlek atau festival musim semi biasanya dirayakan selama kurang lebih 15 hari dan berhubung ada banyak perayaan dan festival lain yang berdeketan dengan Imlek, maka waktu libur diperpanjang hingga 1 bulan bahkan lebih. Oleh karena itu di China, moment Imlek menjadi moment libur yang terpanjang sehingga banyak yang sudah mulai mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.
7. Cara Mengucapkan Selamat Tahun Baru Yang Benar merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jarang diketahui orang
Sebagian besar masyarakat rasanya sudah tidak asing lagi dengan kalimat Gong Xi Fa Cai yang banyak diucapkan saat Imlek tiba. Perlu kamu ketahui ternyata Gong Xi Fa Cai bukanlah kalimat yang tepat untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru loh sobat. Karena sebenarnya Gong Xi Fa Cai itu memiliki arti Selamat Atas Keberuntungan dan bukan Selamat Tahun Baru. Nah kalau ucapan Selamat Tahun Baru yang benar adalah "Xin Nian Kuai Le" yang memiliki arti Selamat Tahun Baru. Jadi buat kamu yang ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru, gunakan "Xin Nian Kuai Le" ya sobat.
8. Banyak Yang Menyewa Pacar Palsu merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jarang diketahui orang
Tahun Baru Imlek memang sangat identik dengan acara kumpul bersama dengan keluarga untuk silaturahmi dan juga makan bersama. Akan tetapi biasanya mereka yang masih lajang atau belum menikah kurang suka dengan acara dan tradisi yang satu ini. Pasalnya saat mereka ada dirumah dan kumpul bersama keluarga besar, mereka akan selalu mendapatkan pertanyaan kapan akan menikah. Inilah sebabnya mengapa di China akan banyak orang yang menyewa pacar palsu untuk dibawa kerumah dan dikenalkan kepada keluarga.
9. Potong Rambut Sebagai Ritual Buang Sial merupakan salah satu fakta menarik tentang imlek yang jarang diketahui orang
Hayooo siapa nih yang gatau dengan tradisi Imlek yang satu ini. Yups, memotong rambut menjelang Imlek menjadi salah satu hal yang wajib yang dilakukan oleh orang tionghoa. Bukan hanya untuk memperbaiki dan memperindah penampilan, tapi memotong rambut ini diartikan sebagai ritual untuk membuang semua nasib buruk yang mengikuti selama setahun terakhir. Jadi saat tahun baru tiba, mereka sudah membuang semua nasib buruk.
Nah sobat zeropromosi, itu tadi adalah sederat fakta unik dan menarik yang jarang diketahui orang dan sepertinya kamu wajib tau nih. Apalagi buat kamu yang akan merayakannya tentu tidak boleh melewatkan fakta menarik yang telah zeropromosi berikan. Bukan hanya sekedar tahu tapi juga agar kamu bisa lebih mendalami makna dari perayaan Imlek itu sendiri.
Bukan hanya mengetahui fakta menarik soal Imlek, kamu juga jangan sampai lupa untuk menyiapkan souvenir dan hadiah Imlek spesial untuk orang tersayang seperti teman, kerabat dan keluarga. Kamu bisa mendapatkan aneka macam souvenir dan hadiah Imlek yang menarik dan spesial dengan harga terjangkau di zeropromosi loh. Selain banyak pilihannya, kamu juga bisa custom untuk cetak logo atauun tulisan menarik sehingga Imlek mu tahun ini akan jauh lebih menarik. Yuk kepoin sekarang !
Sekian dan semoga artikel kali ini bisa memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk kamu ya. Terimakasih dan Selamat Tahun Baru Imlek !
#faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #faktaunikimlek #faktaimlek #imlek #hariimlek #tahunbaruimlek #faktamenarikseputarimlek #perayaanimlek #zeropromosi #souvenirimlek #tradisiimlek #seputarimlek #chinesenewyear #vendorsouvenir
https://www.zeropromosi.com/2022/01/ini-dia-sederet-fakta-menarik-tentang.html