7 Tips Mudah Terapkan Gaya Hidup Sehat, Kamu Wajib Coba !
Loading...

 

Hai guys ! Saat ini sudah banyak lho masyarakat yang sadar akan pola hidup sehat dan ramah lingkungan. Buktinya sudah banyak masyarakat yang mulai merubah kebiasaan mereka seperti tidak menggunakan produk plastik sekali pakai dan mulai memperdulikan lingkungan sekitar. Nah kebetulan banget nih kali ini kami ingin memberitahukan sejumlah tips agar kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup sehat dan lebih ramah lingkungan. Buat kamu yang belum coba bisa dimulai dengan tips berikut ini ya, yuk simak tipsnya !
1. Gunakan Tumbler Botol Minum Sendiri merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Cara mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan adalah dengan menggunakan tumbler botol minum sendiri dari rumah. Mengapa harus tumbler ? Karena seperti yang kita tahu dari banyaknya jenis sampah di Indonesia, sampah plastik baik itu kemasan makanan atau botol air minum sekali pakai menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbanyak dan paling sulit untuk diurai. Jika konsumsi air mineral atau minuman kemasan semakin banyak maka sampah plastik pun jadi lebih banyak. Maka dari itu kamu bisa mulai dari hal kecil dengan membawa air minum sendiri dari rumah menggunakan tumbler botol minum yang bisa diisi ulang. Jika kamu tidak ingin bawa air minum sendiri setidaknya kamu bisa membawa tumbler dan diisi dengan minuman di kedai-kedai atau cafe. Kamu gaperlu malu apalagi takut menggunakan tumbler ya, karena sekarang banyak cafe dan kedai-kedai minuman yang menyediakan pembelian menggunakan tumbler kok. Jadi lebih praktis, sehat dan kamu juga tidak akan menyumbangkan sampah plastik yang bisa merusak ekosistem. Lagipula saat ini tumbler sudah banyak dijual dengan model keren yang kekinian, jadi kamu tinggal pilih deh tumbler yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kami sarankan untuk kamu yang ingin tampil lebih stylish untuk menggunakan Tumbler Led Digital dari souvenirtumbler.net yang dilengkapi indicator suhu di bagian tutupnya sehingga kamu bisa tahu suhu minuman yang ada di dalamnya. Selain canggih, tumbler ini juga dilengkapi teknologi vacuum dengan tutup rapat anti bocor yang bisa menjaga suhu minuman tahan lebih lama lho. Modelnya yang simple dan elegan dengan fitur yang kekinian membuat kamu tampil lebih keren tapi tetap ramah lingkungan. 
2. Gunakan Tas Belanja Reusable merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Selain menggunakan tumbler sebagai ganti botol minum kemasan sekali pakai, kamu juga bisa mulai mengganti kantong plastik belanja sekali pakai dengan tas belanja reusable yang mudah ditemui di banyak tempat banyak di minimarket. Yups, menggunakan tas belanja bisa menjadi awal baik untuk menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Karena apapun yang berkaitan dengan plastik sekali pakai kurang bagus jika digunakan terus menerus. Apalagi sudah banyak kantong plastik ditemukan di laut dan membahayakan biota laut karena mereka mengira plastik adalah makanan mereka. Maka dari itu agar ekosistem laut dan sekitarnya jadi lebih baik, kamu bisa mulai menggunakan tas kantong belanja sendiri. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan tas belanja sendiri juga lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali. Kamu cukup miliki 1 atau 2 tas belanja saja dirumah sudah menjadi awalan yang sangat baik. 
3. Daur Ulang Barang Dirumah merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Teknologi dan perkembangan zaman kita semakin pesat sehingga membuat beberapa barang seperti halnya fashion terus berubah dengan cepat. Perubahan zaman dan trend membuat barang fashion dan lainnya menjadi sampah dalam waktu yang cepat. Nah, agar barang-barang mu dirumah tidak menjadi sampah begitu saja, kamu bisa mencoba mendaur ulang barang-barang tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat. Misalnya kamu punya banyak baju-baju tidak terpakai yang masih lumayan bagus, kamu bisa mencoba mendaur ulang kain nya menjadi sarung bantal, boneka kain, masker, pakaian baru atau bahkan dijadikan pupuk kompos. Jika kamu ingin menjadikan pakaian lama mu menjadi pupuk kompos, kamu harus pastikan bahan pakaian mu itu memang sudah tidak bisa digunakan lagi dan umumnya terbuat dari serat alami seperti wol, katun atau sutra ya. Jangan lupa untuk lepas semua aksesoris yang menempel seperti kancing, resleting, dan hiasan lain yang terbuat dari logam atau plastik. Nantinya kamu bisa serahkan pakaian lama mu ke tempat pembuatan kompos, jadi lebih bermanfaat deh. Tidak hanya pakaian, kamu juga bisa mendaur ulang barang-barang lain yang ada dirumah ya, seperti kertas-kertas bekas yang bisa diolah lagi menjadi lembaran kertas baru yang cantik. Sudah banyak lho yang membuat kertas daur ulang, hasilnya cantik dan bisa dijual kembali. Lumayan kan bisa nambah uang jajan kamu hehe.
4. Beli Barang Yang Diperlukan Dan Usahakan Eco-Label merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Hayooo siapa nih yang suka boros belanja tiap bulan ? Mulai sekarang kamu harus perhatikan intensitas belanja mu ya. Bukannya tidak boleh belanja, tapi usahakan kamu hanya membeli barang yang memang kamu butuhkan agar nantinya barang-barang tersebut tidak menumpuk dan menjadi sampah. Karena sejatinya barang apapun yang diproduksi industri pasti akan menghasilkan limbah. Semakin banyak yang diproduksi maka limbah yang dihasilkan juga semakin banyak dan bisa menjadi penyebab tercemarnya lingkungan. Jadi pastikan kamu membeli barang yang diperlukan saja ya, akan jadi lebih baik jika kamu membeli produk yang eco-label atau memiliki jaminan mutu kualitas dan ramah lingkungan. 
5. Hemat Listrik merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Kalau cara-cara sebelumnya dirasa sulit, kamu bisa nih mencoba cara yang satu ini untuk mulai membiasakan diri dengan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Caranya adalah dengan menghemat listrik, bisa dengan mematikan lampu di siang hari atau saat sudah tidak digunakan, kurangi penggunaan AC, dan gunakan smarphone dengan bijak. Menghemat listrik bisa jadi cara untuk kamu memulai gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan karena bisa mengurangi emisi karbon. Emisi karbon yang terlalu banyak bisa menyebabkan perubahan iklim yang berdampak pada lingkungan bahkan perekonomian. Jika dibiarkan nantinya emisi karbon bisa menyebabkan meningkatnya suhu udara dan pemanasan global. Kalau sudah terjadi pemanasan global nantinya akan banyak polusi udara terjadi dan udara yang kita hirup jadi berbahaya bahkan bisa menyebabkan penyakit pernapasan dan lainnya. 
6. Memilah Sampah Sesuai Jenisnya merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memulai dan menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan adalah dengan memilah sampah sesuai jenisnya. Memilah sampah tidak hanya bermanfaat untuk memudahkan proses daur ulang aja lho, memilah sampah juga bermanfaat untuk mengurangi kemungkinan dibuangnya sampah an-organik seperti plastik karena tercampur dengan sampah organik. Memilah sampah juga bisa meminimalisir pembakaran sampah sembarangan yang menyebabkan pencemaran udara akibat timbulnya karbondioksida. Selain itu sampah yang telah di pilah sesuai jenisnya juga bisa kita manfaatkan kembali untuk dijadikan kompos atau barang-barang kerajinan tangan seperti pot bunga dari botol plastik dan banyak lagi. Jadi usahakan kamu memiliki 2 tempat sampah yang berbeda untuk memisahkan jenis sampah yang paling umum seperti organik dan an-organik yaa. 
7. Menanam Pohon merupakan salah satu cara mudah terapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan
Cara terakhir yang bisa kamu coba dirumah adalah menanam pohon. Seeperti yang kita tahu di jaman sekarang banyak sekali hutan yang di hancurkan dan diubah menjadi gedung-gedung tinggi. Hal ini tentu kurang bagus untuk ekosistem karena bisa menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan berkurangnya kualitas udara. Nah, agar kualitas udara di lingkungan mu tetap bagus dan tubuh jadi sehat, kamu bisa ikut partisipasi dalam gerakan menanam pohon. Keberadaan pohon sangat penting untuk ekosistem karena bisa menyerap karbondioksida yang bisa merusak lapisan ozon. Maka dari itu yuk sama-sama kita menanam pohon untuk kelestarian alam dan lingkungan. Jika kamu tidak punya lahan yang cukup besar, kamu bisa kok menanam pohon-pohon atau beberapa bunga. 
Nah guys itu lah beberapa cara dan tips mudah untuk menerapkan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan. Kamu bisa mencobanya di rumah satu persatu ya, jika ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan komen di kolom komentar. Jadi tunggu apalagi, yuk mulai ubah gaya hidup jadi lebih sehat dan ramah lingkungan. Kalau bukan kita, siapa lagi ? 
Sekian dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menginspirasi kalian semua ya. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Jangan lupa share ke teman kamu juga ya !
#faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #zeropromosi #polahidupsehat #gayahidup #lifestyle #gayahidupsehat #tipshidupsehat #hidupramahlingkungan #zerolifestyle #zerolife #hidupsehat #polahidupramahlingkungan #hidup #vendorsouvenir #produkramahlingkungan
https://www.souvenirtumbler.net/tips/cara-mudah-terapkan-gaya-hidup-sehat-dan-ramah-lingkungan-salah-satunya-gunakan-tumbler/