4 Perbedaan Tumbler dan Termos Yang Wajib Kamu Tahu !
Loading...

 

Haloo guys ! Kamu pasti udah gak asing lagi kan dengan yang namanya termos dan tumbler, 2 jenis wadah penyimpanan air dengan model yang hampir sama. Meskipun fungsinya sama yakni untuk menyimpan air, kedua botol ini punya banyak perbedaan yang wajib kamu tahu lho. Maka dari itu biar gak salah sebut, pilih atau beli, kamu wajib tau perbedaannya seperti yang telah kami rangkum di artikel berikut ini. Yuk cek sampai akhir !
1. Punya Asal Usul Yang Berbeda merupakan salah satu perbedaan tumbler dan thermos  
Jika dilihat tumbler dan thermos memang memiliki banyak kesamaan seperti fungsinya untuk wadah penyimpanan air yang mudah digunakan. Tapi ternyata kedua benda ini memiliki perbedaan salah satunya adalah sejarah atau asal usul nya. Yups, tumbler dan thermos memiliki asal usul yang berbeda dimana awal mula istilah tumbler muncul pada abad ke 17. Awalnya tumbler bukanlah wadah penyimanan air yang berbentuk tabung seperti yang saat ini kita gunakan, awalnya tumbler merupakan sebutan untuk gelas yang bagian bawahnya itu cembung atau lancip yang mengharuskan gelas dipegang terus menerus. Jika tidak dipegang maka gelas akan terguling atau tergelincir (tumbling) yang kemudian disebut tumbler. Sedangkan untuk thermos sendiri baru muncul pada tahun 1892 yang diciptakan oleh seorang ilmuwan asal Scotlandia. Awalnya ia membuat thermos untuk menyimpan susu bayinya yang harus tetap hangat agar kualitasnya bagus saat diminum. Lalu ia menyimpan susu hangat kedalam sebuah bejana kosong yang ia buat, lantas dibalut dengan rajutan wol yang dibuat oleh mertuanya. Tapi thermos yang ia buat belum sepenuhnya sempurna, lalu muridnya yang bernama Reinhold Burger mengembangkan kembali thermos buatannya. Sejak penemuan itu munculah perusahaan tabung hampa untuk menyimpan cairan panas dengan merk Thermos. Dari sinilah thermos mulai banyak digunakan bahkan hingga ke seluruh negara termasuk Indonesia. Jadi dari asal-usulnya saja udah kelihatan kan perbedaannya ?
2. Berbeda Fungsi merupakan salah satu perbedaan tumbler dan thermos
Hayooo siapa nih yang tahunya tumbler dan thermos itu fungsinya sama ? Sekilas memang sama, tapi ternyata jika di telaah lebih baik keduanya punya fungsi yang berbeda lho, apalagi dalam penggunaan sehari-hari. Untuk tumbler sendiri memang di buat khusus untuk penggunaan yang lebih praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan tempat penyimpanan yang besar. Sedangkan thermos biasanya dibuat dengan ukuran yang lebih besar karena umumnya thermos lebih diutamakan untuk menyimpan air panas dalam jumlah banyak sehingga sulit untuk dibawa kemana-mana. Jadi untuk pemakaian biasa bisa gunakan tumbler sedangkan untuk dirumah atau disimpan di kantor bisa gunakan thermos ya. 
3. Bahan Material dan Daya Tahan Berbeda merupakan salah satu perbedaan tumbler dan thermos
Berikutnya yang membedakan tumbler dan thermos adalah bahan material yang jelas berbeda. Bahan material yang umumnya digunakan untuk membuat tumbler lebih bervariasi daripada thermos. Biasanya tumbler ada yang terbuat dari bahan plastik, alumunium, keramik, akrilik bahkan stainless. Sedangkan untuk thermos sering menggunakan bahan stainless tebal dengan fitur ruang hampa atau kedap udara yang mampu menjaga suhu air didalamnya tetap terjaga hingga lebih dari 12 jam bahkan hingga puluhan jam. Ukurannya yang cukup besar juga memungkinkan untuk kamu menyimpan lebih banyak air panas menggunakan thermos, jadi gak heran kenapa ibu-ibu muda banyak yang menggunakan thermos dirumah. Namun untuk kamu yang mau simpan air panas tapi bisa dibawa kemana-mana sekarang udah bisa pakai tumbler yang terbuat dari bahan stainless dengan fitur vacuum flask kedap udara seperti thermos. Hanya saja untuk daya tahan tumbler tidak seperti thermos, suhu air yang disimpan dalam tumbler bisa tahan sekitar 6-8 jam saja. 
4. Harga merupakan salah satu perbedaan tumbler dan thermos 
Hal lain yang membuat tumbler dan thermos berbeda adalah perihal harga. Untuk harga jelas sangat berbeda, dilihat dari spek, detail dan fungsinya saja sudah bisa terlihat harga kedua nya sangat berbeda. Untuk tumbler sendiri biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau tergantung dengan bahan, ukuran dan model tumbler yang dipilih. Untuk standarnya tumbler dijual dengan harga mulai dari belasan hingga ratusan ribu. Sedangnya untuk thermos dijual dengan harga yang lebih tinggi mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Tapi untuk kamu yang ingin menjadikan thermos atau tumbler sebagai souvenir juga bisa banget, harganya tentu lebih murah jika beli dalam quantity yang lebih besar. Apalagi jika kamu membelinya di Souvenirtumbler.net yang punya banyak koleksi tumbler kece dengan harga yang merakyat. Yups, souvenirtumbler.net menyediakan aneka macam tumbler keren yang bisa dicustom untuk souvenir ataupun barang promosi, jadi gausah bingung lagi kalau mau beli tumbler. Yuk langsung aja hubungi customer service souvenirtumbler.net dan dapatkan tumbler/thermos yang kamu mau ! 
Demikian itulah perbedaan antara tumbler dan thermos yang wajib kamu tahu, jadi gimana nih udah paham kan bedanya apa aja ? Yang paling menonjol sih udah pasti fitur dan materialnya ya gais, jadi jangan sampai salah lagi yaa. Thanks for reading, semoga bermanfaat untuk kalian semua ya. Jangan lupa share juga dong ke teman kamu biar gak salah sebut hehe. Sampai jumpa di artikel berikutnya !
#faktaunik #faktamenarik ##infounik #infomenarik #tumbler #termos #perbedaantumblerdantermos #termosair #tumbler #souvenirtumbler #tumblertstainless #souvenir #vendorsouvenirtumbler #merchandise #corporategift #tumblerpromosi #sejarahtumbler 
https://www.souvenirtumbler.net/tips/hampir-sama-ternyata-ini-dia-perbedaan-tumbler-dan-thermos-yang-wajib-kamu-tahu-2/