4 Fakta Unik Vacuum Tumbler Yang Wajib Kamu Tahu !
Loading...


Halo guys ! Saat ini penggunaan vacuum tumbler sedang menjadi trend terutama di kalangan anak muda, fitur kerennya yang dapat menjaga suhu minuman tahan lama membuat vacuum tumbler sangat digemari. Tapi tahukah kamu ternyata ada banyak fakta menarik dari vacuum tumbler yang perlu kamu tahu lho. Biar ga ketinggalan info yuk simak fakta unik vacuum tumbler di artikel yang telah kami rangkum berikut ini !
1. Pengertian Vacuum Tumbler merupakan salah satu fakta unik vacuum tumbler 
Sebelum membahas yang lainnya, kamu harus tahu terlebih dahulu nih sebenarnya apa sih vacuum tumbler itu ? Nah guys, vacuum tumbler merupakan salah satu jenis tumbler yang sebenarnya jika dilihat dari visual nya mirip-mirip dengan tumbler stainless/alumunium biasa. Tapi yang membedakannya adalah teknologi atau fitur yang ada di dalamnya, tumbler jenis ini dibuat dengan komponen khusus yang mampu membuat suhu air didalamnya tahan lebih lama. Yaa bisa dibilang secara fungsi mirip dengan termos air panas ya guys, bisa digunakan untuk menyimpan suhu air agar tahan lebih lama sehingga kamu gaperlu masak air lagi untuk mendapatkan air panas di saat mendesak. Bukan hanya berfungsi untuk menyimpan air panas, vacuum tumbler juga bisa digunakan untuk menyimpan air dingin lho. Fungsi dan fiturnya tetap sama, suhu minuman yang disimpan akan tetap awet dalam waktu yang lebih lama. Kalau kamu simpan air panas maka suhu panasnya tidak mudah menurun dan kalau kamu menyimpan air dingin maka kesegarannya akan tetap terasa hingga beberapa jam tidak seperti saat disimpan di botol minum biasa ( lihat koleksi vacuum tumbler keren yang punya banyak manfaat di sini ya ).
2. Sejarah Vacuum Tumbler merupakan salah satu fakta unik vacuum tumbler
Jika sebelumnya kamu sudah tau apa itu vacuum tumbler, nah sekarang kamu perlu tahu nih sejarah atau awal mula adanya vacuum tumbler. Vacuum tumbler itu adalah nama sebutan untuk tumbler yang dilengkapi fitur vacuum flask seperti yang ada pada termos air panas. Teknologi ini sendiri sudah ada sejak tahun 1904 yang ditemukan melalui penelitian oleh seorang ilmuan kimia bersama rekannya yakni Sir James Dewar dan John Fleming. Keduanya meneliti daya tahan elektris pada suhu -200 dan 200 derajat Celsius dimana hasil penelitian tersebut dikenal dengan teori superkonduktivitas. Munculnya teknologi vacuum flask ini karena sebuah ketidaksengajaan mereka menemukan tabung hampa udara yang kemudian di fungsikan sebagai pengganti bejana dari kaca. Awalnya mereka hanya menggunakan tabung ini sebagai media untuk mengirim dan menyimpan gas cair. Namun, Dewar melihat sebuah peluang yang sangat baik dan mengembangkan nya menjadi sebuah termos yang dapat menahan suhu dingin dan panas. Sejak saat itu penemuannya ini di produksi lebih banyak untuk keperluan komersil dan munculah perusahaan Thermos. Nama ini lah yang kini dikenal oleh banyak orang untuk menyebut sebuah wadah penyimpanan air yang mampu menjaga suhu minuman tahan lebih lama.
3. Terdapat Banyak Bagian Dengan Fungsi Berbeda merupakan salah satu fakta unik vacuum tumbler
Hal lain yang membuat vacuum tumbler banyak diminati sebenarnyaa bukan hanya tampilannya aja yang terlihat lebih kokoh, tapi fitur dan bagian-bagian dari komponen nya juga membuat orang jadi lebih tertarik. Tapi kamu penasaran gak sih apa aja yang ada di dalam vacuum tumbler sampai-sampai bisa menjaga suhu minuman di dalamnya, padahal kan kelihatannya mirip ya dengan tumbler lain. Eits kamu perlu tahu nih ternyata bagian-bagian pada vacuum tumbler cukup kompleks lho, setiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda seperti :
*Penahan kaca yang terbuat dari karet pada bagian dasar tumbler memiliki fungsi sebagai bantalan untuk menahan tabung kaca agar tetap berada di posisi yang seharusnya 
*Bahan pelindung kaca yang merupakan bagian terluar tumbler yang berfungsi sebagai isolator antara tabung kaca dengan udara sekdi sekitar tumbler 
*Ruang hampa udara atau yang dikenal dengan istilah vacuum ini jadi bagian yang cukup penting karena berfungsi untuk membatasi adanya kemungkinan panas hilang dari dalam atau masuk ke dalam termos melalui konveksi. Bagian ini lah yang membuat vacuum tumbler bisa menyimpan suhu minuman tahan lebih lama guys. 
*Dinding luar kaca berfungsi untuk mencegah terjadinya perpindahan kalor melalui radiasi 
*Dinding dalam kaca berfungsi untuk mencegah terjadinya perpindahan kalor dari air panas agar tidak diserap oleh dinding 
*Tutup sumbat atau penutup vacuum tumbler yang ada dibagian paling atas ini berfungsi sebagai penutup sekaligus mencegah terjadinya perpindahan kalor secara konduksi 
Setiap bagian dan komponen pada vacuum tumbler memiliki fungsinya masing-masing, jadi memang tersusun sangat rapih. Pasti kamu juga menyadari kan kalau bagian dalam vacuum tumbler biasanya lebih tinggi daripada kelihatannya, ini karena ada ruang khusus untuk setiap komponen didalamnya. 
4. Terbuat Dari Bahan Dengan Fungsi Khusus merupakan salah satu fakta unik vacuum tumbler
Tahukah kamu ternyata prinsip kerja vacuum flask pada tumbler itu cukup sederhana lho, karena sebenarnya jenis tumbler ini telah menggunakan bahan khusus yang bersifat Adiabatik. Bahan yang memiliki kemampuan khusus untuk menghambat atau mengurangi kemungkinan interaksi antara sistem dengan lingkungan tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. Jadi suhu air akan tetap bertahan karena tidak ada pertukaran temperature suhu dengan suhu di sekitarnya. Bagian dalam pada vacuum tumbler juga selalu dibuat mengkilap lho guys, dan selalu dilapisi perak agar tidak terjadi perpindahan kalor secara radiasi.  Hmmm gimana guys, cukup simple atau rumit nih menurut kamu ? 
Secara keseluruhan vacuum tumbler itu punya cara kerja yang sama dengan termos, hanya saja kebanyakan termos yang ada di pikiran orang adalah wadah penyimpanan air panas dengan ukuran besar. Padahal sekarang sudah ada lho vacuum tumbler yang punya fitur sama seperti termos, bahkan ada juga yang dilengkapi fitur lain contohnya Tumbler LED dengan indicator suhu, Tumbler Suy dengan model mug minimalis dan masih banyak lagi. Semua model tumbler ini bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di souvenirtumbler.net lho, yuk dapatkan segera vacuum tumbler favorit kamu !
Demikian artikel yang kami sampaikan semoga dapat memberikan manfaat untuk kamu ya. Jangan lupa share artikel ini juga agar semakin banyak orang yang tahu tentang vacuum tumbler, solusi tumbler keren untuk segala keperluan. Sampai jumpa di artikel kami berikutnya ya, thankyou and be happy guys!
#Faktaunik #faktamenarik #infounik #infomenarik #vacuumtumbler #vacuumflask #tumbler #faktauniktumbler #vacuumtumblerpromosi #merchandise #souvenirtumbler #corporategift #sejarahtumbler #sejarahtermos #zeropromosi #vendorsouvenir #lifestyle #trending #branding
https://www.souvenirtumbler.net/tips/beragam-fakta-unik-vacuum-tumbler-yang-banyak-diminati/