Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,267 views
Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi

Saat Ini Mungkin anda menganggap bahwa otak bayi masih bersih dan tidak terisi apa-apa. tapi taukah anda ternyata ada Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi tersebut.

Apa yang dapat dilakukan oleh bayi mungkin dianggap hal yang sepele bagi orang dewasa karena bayi belum dapat mengimbangi percakapan orang dewasa. Tetapi sebenarnya bayi dapat membuktikan kepandaiannya. Setelah para ilmuwan menemukan cara untuk mengungkap kemampuan bayi, ternyata bayi memiliki banyak kemampuan otak yang cukup cerdas dan menakjubkan.

Kira-kira kemampuan menakjubkan apa saja yang ada pada otak bayi?

Berikut 9 kemampuan menakjubkan dari otak bayi seperti dikutip dari LiveScience, Rabu (14/3/2012) antara lain:

1. Mengetahui siapa yang memiliki kedudukan lebih tinggi

Dari usia 10 bulan, bayi mengetahui dan mengerti hal-hal yang cukup benar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bayi mengerti hirarki (urutan kedudukan) sosial dan mengetahui ukuran yang dapat menentukan siapa yang bertanggung jawab.

2. Mengerti ekspresi emosi anjing

Bahkan sebelum bayi dapat mengatakan kata 'mama' dan 'papa', bayi telah dapat menguraikan dan mengerti emosi anjing. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bayi usia 6 bulan telah dapat menunjukkan bahasa tubuh yang sesuai.

"Emosi adalah salah satu hal pertama yang dapat ditangkap bayi dalam dunia sosial," kata pemimpin peneliti Ross Flom, seorang profesor psikologi di Brigham Young University, Utah.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Psychology.

3. Memahami suasana hati dan emosi

Sementara bayi masih belum dapat berbicara, ia mungkin tahu kapan orang dewasa sedang merasa terpuruk. Sekitar usia 5 bulan, bayi dapat secara akurat memilih sebuah lagu yang dapat membangkitkan emosi positif.

Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Neuron. Pada usia 9 bulan, bayi juga dapat mengidentifikasi suara sedih dari beberapa lagu.

4. Dapat menari mengikuti irama musik

Berbicara tentang musik, bayi tidak dapat jika tidak bereaksi ketika mendengar musik tersebut. Tidak hanya telinga bayi yang dapat mengikuti ketukan, bayi sebenarnya dapat menari. Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010.

Bayi dapat melakukan gerakan tari dengan tangan, kaki dan badannya sesuai dengan irama atau alunan musik. Kemampuan menari adalah bawaan pada manusia, meskipun para peneliti tidak yakin mengapa hal tersebut dapat berevolusi.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

5. Meniru tindakan orang lain

Sebuah studi pada tahun 2009 mengungkapkan ketika bayi berusia 9 bulan yang melihat orang dewasa sebagai sebuah objek, maka daerah motor di otak bayi akan diaktifkan seolah-olah benar-benar melakukannya.

Para peneliti studi menunjukkan bahwa neuron cermin yang banyak berperan. Bayi memiliki kemampuan prediktif yang dapat membantunya menanggapi tindakan orang lain. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Biology Letters.

6. Belajar dengan cepat saat tidur

Menurut sebuah studi pada tahun 2010, bayi rupanya bisa belajar bahkan saat tidur. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti yang melibatkan 26 bayi yang sedang tidur.

"Seperti bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktu mereka tidur, kemampuan tersebut mungkin penting untuk dapat cepat beradaptasi dengan dunia di sekitarnya dan membantu untuk memastikan kelangsungan hidup bayi," kata peneliti.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

7. Bayi dapat mengerti suara yang ditujukan pada mereka

Dalam sebuah studi pada tahun 2006, bayi yang berusia 7 bulan dapat mengerti suara atau bunyi yang ditujukan pada mereka. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

8. Dapat membedakan dua bahasa yang berbeda

Pada penelitian pada tahun 2007 yang telah diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bahwa, bayi usia 4-6 bulan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat orang yang berbicara kepadanya mengucapkan kalimat dalam bahasa yang berbeda.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bayi dapat membedakan antara kedua bahasa tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai memahami tata bahasa, pengolahan tata bahasa dan kata-kata secara bersamaan pada usia 15 bulan.

"Bayi yang baru lahir dapat dikatakan cerdas dalam bahasa karena bayi memiliki kemampuan dengan mudah belajar salah satu bahasa di dunia," kata psikolog George Hollich dari Purdue University.

9. Dapat menilai karakter orang cukup baik

Mengelompokkan orang lain sebagai bermanfaat atau berbahaya sangat penting ketika memilih teman. Dan kemampuan tersebut dapat mulai dimiliki sejak bayi.


Trending Now
[23 FOTO] ASLI KEREN! Berinteraksi dengan Goresan PENSIL!

[23 FOTO] ASLI KEREN! Berinteraksi dengan Goresan PENSIL!

Alessandro Diddi berkreasi dengan goresan pensilnya. Gambar yang dibuatnya digabungkan dengan ekspresi tubuh manusia dan benda sehari-hari s
284,705 views 10,719 shares
Greget! 10 Orang Ini Punya Makan Dengan Cara yang Berbeda

Greget! 10 Orang Ini Punya Makan Dengan Cara yang Berbeda

Sebagai manusia, kita jelas membutuhkan mekan dan beristirahat yang cukup agar tidak kekurangan energi dalam beraktifitas. Normalnya, kita m
6,298 views 264 shares
10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

Sangat wajar jika seseorang menyimpan barang yang ia punya dengan pengamanan ekstra agar terhindar dari pencurian. Nggak cuma mobil atau mot
28,889 views 171 shares
Aksi Kocak Seseorang Saat Liburan di Pantai, Pede Banget Nih!

Aksi Kocak Seseorang Saat Liburan di Pantai, Pede Banget Nih!

Saat liburan tiba dan ingin melepas kejenuhan pilihan kita paling utama pasti menuju pantai. Karena di pantai lah kita dapat merasakan suasa
3,740 views 168 shares
10 Photobomb Yang Bikin Kamu Sakit Perut. Nomor 3 Nggak Nyadari

10 Photobomb Yang Bikin Kamu Sakit Perut. Nomor 3 Nggak Nyadari

Photobomb merupakan aksi usil pada foto sehingga hasilnya jadi lucu bahkan tambah kacau. Foto ini bisa disengaja ataupun nggak disengaja, ba
12,801 views 746 shares
10 Plesetan Produk Dengan Bahasa Jawa Ini Isinya Guyon Banget

10 Plesetan Produk Dengan Bahasa Jawa Ini Isinya 'Guyon' Banget

Untuk memasarkan suatu produk, sebuah perusahaan nggak hanya memikirkan kualitas barangnya aja, karena sebuah kemasan menjadi sesuatu yang m
5,873 views 356 shares
10 Komik Naik Kendaraan Umum yang Bikin Kamu Tersenyum Geli

10 Komik Naik Kendaraan Umum yang Bikin Kamu Tersenyum Geli

Seseorang memerlukan kendaraan untuk menuju tempat dengan jarak yang cukup jauh. Ketika tidak memiliki kendaraan pribadi, kendaraan umum me
10,517 views 278 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
6,026 views 0 shares
10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

Selain dalam pikiran, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengenang sesuatu adalah dengan mengabadikannya momen lewat jepretan kamer
233,354 views 19,965 shares
[15 FOTO] Beda Asuhan MAMA VS PAPA. Kamu Suka Diasuh yang SIAPA?

[15 FOTO] Beda Asuhan MAMA VS PAPA. Kamu Suka Diasuh yang SIAPA?

Orang tua memiliki cara sendiri-sendiri dalam mendidik anak-anaknya. Tidak perlu jauh membedakan antara orang tua anak yang satu dengan oran
294,636 views 23,347 shares