Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,286 views
Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi

Saat Ini Mungkin anda menganggap bahwa otak bayi masih bersih dan tidak terisi apa-apa. tapi taukah anda ternyata ada Kemampuan Menakjubkan Dari Otak Bayi tersebut.

Apa yang dapat dilakukan oleh bayi mungkin dianggap hal yang sepele bagi orang dewasa karena bayi belum dapat mengimbangi percakapan orang dewasa. Tetapi sebenarnya bayi dapat membuktikan kepandaiannya. Setelah para ilmuwan menemukan cara untuk mengungkap kemampuan bayi, ternyata bayi memiliki banyak kemampuan otak yang cukup cerdas dan menakjubkan.

Kira-kira kemampuan menakjubkan apa saja yang ada pada otak bayi?

Berikut 9 kemampuan menakjubkan dari otak bayi seperti dikutip dari LiveScience, Rabu (14/3/2012) antara lain:

1. Mengetahui siapa yang memiliki kedudukan lebih tinggi

Dari usia 10 bulan, bayi mengetahui dan mengerti hal-hal yang cukup benar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bayi mengerti hirarki (urutan kedudukan) sosial dan mengetahui ukuran yang dapat menentukan siapa yang bertanggung jawab.

2. Mengerti ekspresi emosi anjing

Bahkan sebelum bayi dapat mengatakan kata 'mama' dan 'papa', bayi telah dapat menguraikan dan mengerti emosi anjing. Sebuah studi pada tahun 2009 menemukan bayi usia 6 bulan telah dapat menunjukkan bahasa tubuh yang sesuai.

"Emosi adalah salah satu hal pertama yang dapat ditangkap bayi dalam dunia sosial," kata pemimpin peneliti Ross Flom, seorang profesor psikologi di Brigham Young University, Utah.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Developmental Psychology.

3. Memahami suasana hati dan emosi

Sementara bayi masih belum dapat berbicara, ia mungkin tahu kapan orang dewasa sedang merasa terpuruk. Sekitar usia 5 bulan, bayi dapat secara akurat memilih sebuah lagu yang dapat membangkitkan emosi positif.

Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Neuron. Pada usia 9 bulan, bayi juga dapat mengidentifikasi suara sedih dari beberapa lagu.

4. Dapat menari mengikuti irama musik

Berbicara tentang musik, bayi tidak dapat jika tidak bereaksi ketika mendengar musik tersebut. Tidak hanya telinga bayi yang dapat mengikuti ketukan, bayi sebenarnya dapat menari. Hal tersebut berdasarkan hasil sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2010.

Bayi dapat melakukan gerakan tari dengan tangan, kaki dan badannya sesuai dengan irama atau alunan musik. Kemampuan menari adalah bawaan pada manusia, meskipun para peneliti tidak yakin mengapa hal tersebut dapat berevolusi.

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

5. Meniru tindakan orang lain

Sebuah studi pada tahun 2009 mengungkapkan ketika bayi berusia 9 bulan yang melihat orang dewasa sebagai sebuah objek, maka daerah motor di otak bayi akan diaktifkan seolah-olah benar-benar melakukannya.

Para peneliti studi menunjukkan bahwa neuron cermin yang banyak berperan. Bayi memiliki kemampuan prediktif yang dapat membantunya menanggapi tindakan orang lain. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Biology Letters.

6. Belajar dengan cepat saat tidur

Menurut sebuah studi pada tahun 2010, bayi rupanya bisa belajar bahkan saat tidur. Hal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti yang melibatkan 26 bayi yang sedang tidur.

"Seperti bayi yang baru lahir menghabiskan sebagian besar waktu mereka tidur, kemampuan tersebut mungkin penting untuk dapat cepat beradaptasi dengan dunia di sekitarnya dan membantu untuk memastikan kelangsungan hidup bayi," kata peneliti.

Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

7. Bayi dapat mengerti suara yang ditujukan pada mereka

Dalam sebuah studi pada tahun 2006, bayi yang berusia 7 bulan dapat mengerti suara atau bunyi yang ditujukan pada mereka. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences.

8. Dapat membedakan dua bahasa yang berbeda

Pada penelitian pada tahun 2007 yang telah diterbitkan dalam jurnal Science menunjukkan bahwa, bayi usia 4-6 bulan dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat orang yang berbicara kepadanya mengucapkan kalimat dalam bahasa yang berbeda.

Hal tersebut menunjukkan bahwa bayi dapat membedakan antara kedua bahasa tersebut. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa bayi mulai memahami tata bahasa, pengolahan tata bahasa dan kata-kata secara bersamaan pada usia 15 bulan.

"Bayi yang baru lahir dapat dikatakan cerdas dalam bahasa karena bayi memiliki kemampuan dengan mudah belajar salah satu bahasa di dunia," kata psikolog George Hollich dari Purdue University.

9. Dapat menilai karakter orang cukup baik

Mengelompokkan orang lain sebagai bermanfaat atau berbahaya sangat penting ketika memilih teman. Dan kemampuan tersebut dapat mulai dimiliki sejak bayi.


Trending Now
Ngakak ! 10 Kelakuan Manusia Ini Bikin Kamu Gagal Fokus!

Ngakak ! 10 Kelakuan Manusia Ini Bikin Kamu Gagal Fokus!

ada-ada aja kelakuan manusia. kadang sampai bikin kita geleng-geleng kepala. entah berapa IQ nya, sampai orang ini mampu melakukan hal bodoh
143,542 views 8,062 shares
Kamu Orang Indonesia? Pasti Sudah Biasa Dong Ngeliat Yang Kaya Gini Dijalanan

Kamu Orang Indonesia? Pasti Sudah Biasa Dong Ngeliat Yang Kaya Gini Dijalanan

Ini adalah fakta yang terjadi dijalanan Indonesia, di kota-kota besar khususnya. Jalanan macet, pelanggaran lalu lintas dan tingkat kecelaka
152,505 views 7,461 shares
10 Meme "Jangan Nurutin Gengsi" yang Isinya Menohok Banget

10 Meme "Jangan Nurutin Gengsi" yang Isinya Menohok Banget

Hidup yang kita jalani saat ini pasti enggak luput dari omongan orang lain. Kalau kamu bisa cuek, hidupmu akan baik-baik saja. Tapi kalau ka
4,724 views 440 shares
Makanan Nyeleneh ala 8 Orang Indonesia Ini Bikin Tepuk Jidat

Makanan Nyeleneh ala 8 Orang Indonesia Ini Bikin Tepuk Jidat

Indonesia terkenal akan kuliner yang beragam. Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, hal inilah yang membuat masyarakat kita
7,664 views 137 shares
Seolah Punya Nyawa Banyak, Ini Nih Aksi Seseorang yang Nggak Memperhatikan Keselamatan Kerja

Seolah Punya Nyawa Banyak, Ini Nih Aksi Seseorang yang Nggak Memperhatikan Keselamatan Kerja

Tiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing. Semakin berat pekerjaan semakin tinggi pula resikonya. Untuk itulah mengapa kita terk
8,661 views 323 shares
10 Poster Gaya Retro Iklan Perjalanan Luar Angkasa di Masa Depan yang Dirilis NASA

10 Poster Gaya Retro Iklan Perjalanan Luar Angkasa di Masa Depan yang Dirilis NASA

angkasa. Anggapan ini memang benar Pulsker, namun bukan berarti NASA hanya berkutat dalam bidang teknologi saja. Di badan antariksa ini terd
2,390 views 168 shares
Kreatif, Di Tangan Anak Muda Ini Pemotong Kuku Bisa Jadi Kreasi Seni Keren

Kreatif, Di Tangan Anak Muda Ini Pemotong Kuku Bisa Jadi Kreasi Seni Keren

Bagi orang yang punya jiwa seni tinggi, kreativitas bisa datang dari mana saja. Bahkan dari benda sehari-hari yang nggak pernah kita pikirka
3,214 views 133 shares
9 Kelakuan Bapak-Bapak Pas Lagi Ngumpul Ini Lucu Banget

9 Kelakuan Bapak-Bapak Pas Lagi Ngumpul Ini Lucu Banget

Belakangan di media sosial memang banyak banget postinganĀ tentang kelakuan emak-emak yang bikin kita geregetan dan tepuk jidat. Gimana ngga
3,290 views 182 shares
8 Meme Pamer Ibadah yang Isinya Nyindir Banget

8 Meme 'Pamer Ibadah' yang Isinya Nyindir Banget

Sifat sombong dan pamer adalah hal yang manusiawi. Apalagi jika kita mempunyai hal yang patut dibanggakan, pasti terbersit perasaan untuk me
43,714 views 511 shares
Foto Paling Epik yang Diambil Sebelum Seseorang Tertimpa Sial

Foto Paling Epik yang Diambil Sebelum Seseorang Tertimpa Sial

Hidup memang selalu dipenuhi dengan banyak hal nggak terduga. Baik itu hal yang mengenakkan atau paling nggak enak sekalipun. Inilah yang di
4,676 views 0 shares