Geng Motor Indonesia Sudah Ada Sejak Jaman Belanda
Loading...
 
posted on WOW Keren
12,373 views
Geng Motor Indonesia Sudah Ada Sejak Jaman Belanda

Kasus kejahatan oleh Geng Sepeda Motor akhir-akhir ini sangat meresahkan masyarakat. Siapa pun yang terlibat di dalamnya, entah oknum aparat atau bukan, aksi anarkis hingga mengambil nyawa orang merupakan aksi kriminal yang sudah tak bisa ditolerir.

Secara tak langsung, masalah ini mempunyai efek buruk terhadap pendidikan generasi penerus bangsa ini.

Jangan sampai anak-anak mencontoh kelakuan anggota geng tersebut yang sungguh biadab.

Ternyata, Geng Sepeda Motor sudah ada di Jakarta sejak tahun 1915. Kala itu namanya Motorfietsrijders te Batavia.

Menurut catatan Koninlijk Instituut voor Taal, Land en Volkenkunde (KITLV), sepeda motor masuk ke Indonesia pertama kali dibawa oleh seorang berkebangsaan Inggris, John C. Potter pada tahun 1893.

Sehari-hari J.C. Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Oemboel (baca: Umbul) Probolinggo, Jawa Timur.

J.C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Dalam buku "Krèta Sètan (de duivelswagen)" dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller, di Muenchen, Jerman.

Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama milik Sunan Solo (merk Benz tipe Carl Benz) tiba di Indonesia. Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu, ada hal yang menarik apabila kita mengamati tahun kedatangan sepeda motor tersebut.

Untuk diketahui, sepeda motor pertama di dunia (Reitwagen) lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach tetapi belum dijual untuk umum. Tahun 1893, sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor ini pertama kali masuk ke Amerika Serikat pada tahun 1895 ketika seorang pemain sirkus asal Perancis membawanya ke New York.

Jadi, meski yang membawanya bukan orang pribumi Indonesia, tetapi sebuah hal yang luar biasa ketika sepeda motor komersial pertama di dunia ternyata langsung dikirim ke Indonesia pada tahun pertama pembuatannya. Terlebih lagi, baru dua tahun kemudian sepeda motor komersial pertama tersebut masuk Amerika Serikat. Jadi, sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia merupakan sepeda motor pertama di dunia juga.

Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai dan roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as (crankshaft).

Meski berusia ratusan tahun, ternyata motor komersial pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai diantaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan berkapasitas mesin besar yaitu 1.500 cc dengan bahan bakar bensin atau nafta.

Namun, meski bermesin besar tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5HP saja pada 240rpm. Selain itu, sepeda motor ini belum menggunakan persneling, belum menggunakan magnet, belum menggunakan aki (accu), belum menggunakan koil, dan belum menggunakan kabel listrik. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya.

Pada tahun 1932, sepeda motor ini ditemukan dalam keadaan rusak di garasi di kediaman John C Potter. Sepeda motor itu teronggok selama 40 tahun di pojokan garasi dalam keadaan tidak terawat dan berkarat. Atas bantuan montir-montir marinir di Surabaya, sepeda motor milik John C Potter itu direstorasi (diperbaiki seperti semula) dan disimpan di kantor redaksi mingguan De Motor.

Sepeda motor antik itu diboyong ke Museum Lalu Lintas (Museum Polisi) di Surabaya yang kemudian pada tahun 1934 disumbangkan ke Museum Negeri Mpu Tantular di Sidoarjo dengan nomer inventaris 10.81 kategori IPTEK namun memberikan deskripsi yang berbeda, yaitu sebagai sepeda motor uap merk Daimler.

Pada 1899, di negeri ini juga sudah hadir sepeda motor listrik beroda tiga yang menggunakan tenaga baterai, yang bernama De Dion Bouton Tricycle buatan Perancis. Sepeda motor listrik beroda tiga itu juga digunakan untuk menarik wagon penumpang.

Sepeda motor De Dion Bouton cukup terkenal di masanya.Sepeda motor lain terlihat pada tahun 1902 yang juga digunakan untuk menarik wagon yaitu sepeda motor Minerva buatan Belgia. Mesin Minerva saat itu juga dipesan dan digunakan pada merk motor lain sebelum bisa membuat mesin sendiri, diantaranya adalah Ariel Motorcycles di Inggris.

Berbagai merek sepeda motor dijual di negeri ini, mulai dari Reading Standard, Excelsior, Harley Davidson, Indian, King Dick, Brough Superior, Henderson, sampai Norton.

Merek-merek sepeda motor yang hadir di negeri ini dapat dilihat dari iklan-iklan sepeda motor yang dimuat di surat kabar pada kurun waktu dari tahun 1916 – 1926.

R.S Stockvis & Zonnen Ltd merupakan salah satu perusahaan yang tercatat menyediakan suku-suku cadang motor dan mobil (juga mengurus pesanan mobil-mobil Eropa maupun Amerika).

Pada 1906, Administratur Bantool (Bantul) di Yogyakarta juga terlihat mempunyai sepeda motor dan beberapa buah mobil. Pada masa itu, memang hanya orang Belanda dan Inggris serta disusul pribumi ningrat yang mempunyai kemampuan membeli sepeda motor pada masa-masa awal.

Seiring dengan pertambahan jumlah mobil, jumlah sepeda motor pun terus bertambah. Lahirlah klub-klub touring sepeda motor, yang anggotanya adalah pengusaha perkebunan dan petinggi pabrik gula.

Sumber : forum.viva.co.id/motor/661720-foto-geng-motor-indonesia-zaman-belanda.html

Trending Now
Siapa Sangka Ada Perjuangan Besar Dibalik 10 Foto Indah Ini

Siapa Sangka Ada Perjuangan Besar Dibalik 10 Foto Indah Ini

Nggak bisa dipungkiri kalau saat ini kita hidup dijaman modern yang semuanya serba digital, dimana setiap orang sibuk memamerkan berbagai mo
258,254 views 22,835 shares
10 Foto Buah yang Dikupas Secara Sempurna, Perfecto !

10 Foto Buah yang Dikupas Secara Sempurna, Perfecto !

Sumber gizi bagi manusia selain sayuran dan lemak hewani adalah buah pulsker. Kalau kita runtut nih buah banyak banget jenisnya dan kesemuan
259,340 views 45,186 shares
10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Jaman sekarang, dengan adanya kemajuan teknologi kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertemu langsung dengannya. K
584,243 views 2,710 shares
10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

Ada begitu banyak tipe orang di dunia ini Pulsker, salah satunya adalah mereka yang perfectionis atau menginginkan semuanya serba sempurna.
881,848 views 51,595 shares
10 Chat Driver Ojol Pakai Gambar Ini Kocak Banget

10 Chat Driver Ojol Pakai Gambar Ini Kocak Banget

Bagi mereka yang sibuk beraktivitas, transportasi online pasti sangat membantu. Enggak cuma untuk mengantarkan kita ke tempat tujuan aja, te
267,834 views 0 shares
23 Meme Biarkan JOMBLO Berimajinasi yang KOCAK

23 Meme Biarkan JOMBLO Berimajinasi yang KOCAK

Jomblo bukan alasan buat kamu untuk berhenti berimajinasi. Dengan menjadi jomblo malah membuat kamu memiliki imajinasi yang kreatif. Hahaha
221,885 views 4,756 shares
Bentuk-Bentuk Awan Unik Ini Akan Membuatmu Terpukau

Bentuk-Bentuk Awan Unik Ini Akan Membuatmu Terpukau

Awan adalah kumpulan air dan es partikel dirumuskan menjadi satu massa besar yang biasa kita lihat mengambang di langit. Beberapa awan terli
196,634 views 2,881 shares
Wah..Ternyata 10 Artis Ini Masa Kecilnya Mirip Banget Sama Sang Anak!

Wah..Ternyata 10 Artis Ini Masa Kecilnya Mirip Banget Sama Sang Anak!

Buah nggak jatuh jauh dari pohonnya, pepatah itulah yang ditunjukkan kepada orang tua kepada anaknya. Yaitu setiap anak pasti mewarisi gen,
197,657 views 24,110 shares
9 Meme Nasehat Emak yang Membawa Kita Bernostalgia ke Masa Kecil Dulu

9 Meme Nasehat Emak yang Membawa Kita Bernostalgia ke Masa Kecil Dulu

Tak ada sosok yang paling berpengaruh di dunia ini kecuali orang tua, terutama ibu. Dari sebelum kita dilahirkan, ibu sudah berkorban selama
200,125 views 10,271 shares
Konyol Abis 7 Foto Kekompakan ini Malah Bikin Ketawa Mumet Sampe Puyeng

Konyol Abis 7 Foto Kekompakan ini Malah Bikin Ketawa Mumet Sampe Puyeng

Segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita memang harus diperhatikan. Karena kita makhluk sosial yang hidup dengan orang lain. Terkadang ke
20,574 views 277 shares